Anak Butuh Bantuan Ortu Cari Teman

0
759
Ilustrasi, parents guide
Ilustrasi, parents guide
Ilustrasi, parents guide

Salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan orang tua kepada guru adalah apakah anak mereka punya teman di kelas.

Pertemanan tampaknya mudah bagi sebagian anak tapi sulit bagi anak yang lain. Anak-anak tidak dilahirkan untuk tahu bagaimana cara berteman. Mereka harus mempelajarinya.

Menganggap anak lain yang bermain dengan mereka adalah teman dan ingat untuk tidak merebut mainan atau saling memukul adalah keterampilan yang harus mereka pelajari. Semakin besar anak, kemampuan itu makin kompleks.

Menurut centredaily.com ada sejumlah cara yang bisa diambil para orang tua untuk membantu anak-anak berhubungan baik dengan orang lain.

• Bantu anak Anda untuk belajar mendengarkan orang lain demi menumbuhkan empati. Bagi sebagian anak, kemampuan seperti ini lebih natural ketimbang anak lainnya. Banyak buku anak-anak yang bisa membantu mereka belajar. Orang tua bisa bicara pada anak-anak mengenai ekspresi pada wajah orang yang mereka lihat di majalah atau sekitar mereka.

• Bantu beri kesempatan untuk bersosialisasi, terutama jika anak Anda tidak memiliki waktu yang terjadwal untuk berinteraksi dengan anak lain. Orang tua bisa menetapkan jadwal bermain dengan anak lain atau mendaftarkan anak ke kelompok aktivitas bermain di mana mereka bisa bertemu dengan anak lain. Guru atau ketua kelompok mungkin memiliki saran tentang anak lain yang cocok bergaul dengan anak kita dan mereka mungkin bisa membantu memfasilitasi komunikasi antara orang tua.

•Kurangi kekerasan. Jika Anda melihat anak Anda tidak bersikap baik, bicaralah padanya secara personal. Sebutkan tanda-tanda yang Anda lihat bahwa anak lain terluka.

•Bantu anak Anda untuk untuk belajar bagaimana meminta maaf setelah menyakiti orang lain. Sebagai misal, tanya mereka,”Apa yang bisa kamu lalukan untuk membantu mereka supaya lebih baik?”

•Tekankan kebaikan kepada orang lain dan bantu anak Anda belajar berbagai teknik memecahkan masalah dengan orang lain, termasuk cara cepat penyelesaian masalah melalui kompromi. Jika anak Anda memiliki saudara, jangan menoleransi kekerasan di antara mereka. Hubungan persaudaraan memungkinkan anak-anak menjadi lebih sadar akan dampak ucapan maupun tingkah laku mereka kepada orang lain.

•Dorong anak Anda untuk menggunakan kekuatan dan kecerdasan demi membantu orang lain. Bicaralah mengenai hal-hal yang membuat seseorang bisa dianggap sebagai pahlawan. Ajari mereka membedakan antara ketakutan dan rasa hormat.

Jika seorang anak mendebat soal isu-isu pertemanan, orang tua bisa mendengarkan, berempati dan berbagi kepercayaan sehingga anak bisa membayangkan apa yang harus dia lakukan.PG

 1,512 total views

LEAVE A REPLY