Menpera Berencana Buat Permen Rumah Susun

0
302
Sebuah Rusun di Depok
Sebuah Rusun di Depok
Sebuah Rusun di Depok

depoktren.com-Menteri Perumahan Rakyat (Menpera), Djan Faridz mengatakan akan mengeluarkan Peraturan Menteri (Permen) tentang rumah vertical atau rumah susun (rusun). Salah satu tujuannya untuk melindungi persawahan yang terancam terkikis dan oleh perumahan.

”Saya akan mengeluarkan Permen rumah vertical atau rusun. Jangan sampai lahan sawah habis,” ujar Djan dalam Sarasehan Nasional Ulama Pesantren & Cendekiawan Tentang Keagamaan, Keumatan dan Kebangsaan. Pesantren Al-Hikam, Beji, Depok, Sabtu (8/2).

Djan mengaku akan mengatur dalam pembangunan rusun. Dengan pembangunan rumah susun tersebut diharapkan agar masyarakat miskin bisa menikmatinya. ”Tentunya, dalam kepemilikan rumah susun itu bisa dimiliki oleh orang miskin dengan menyertakan KTP, KK dan lainnya. Kebijakan rumah susun ini dulu juga pernah dilakukan pada masa Presiden Soeharto,” tuturnya.

Terkait rumah yang berada di bantaran sungai di Jakarta, dirinya juga tetap berencana akan membangun rumah susun. ”Kita tetap akan membangun rusun bagi warga yang berada di bantaran Sungai di Jakarta. Ini juga akan kita atur dalam Permen,” jelas Djan.

Dalam Permen itu, lanjut Djan, nantinya juga akanĀ  mengatur regulasi perpindahan kepemilikan rumah, selama masa cicilan berlangsung. Hal itu untuk menghindari adanya potensi capital gain dalam sektor properti. Bahkan, akan ada sanksi bagi yang melanggar.

”Larangan perpindahan tangan bukan hanya untuk rumah tapak saja. Namun, untuk kepemilikan rumah susun sederhana milik. Sehingga para pemilik rumah harus bisa melunasi cicilannya terlebih dahulu. Jika terjadi perpindahan kepemilikan rumah yang belum selesai cicilan, akan dikenakan beberapa sanksi. Salah satu sanksi yang dikenakan kepada kepemilikan adalah hak kepemilikan rumah bisa dibatalkan,” pungkas Djan. @tono

 692 total views

LEAVE A REPLY