Melatih Anak Mandiri Makan Sendiri

0
225

IMG0365ATerampil Menggunakan peralatan makan seperti cangkir dan mangkuk, adalah salah satu tahap penting dalam perkembangan Balita,

        Usai program ASI Ekslusif atau pemberian susu botol, cepat atau lambat si kecil harus mulai diajarkan menggunakan cangkir, mangkuk, sendok dan sebagainya. Dengan demikian saat usianya mengijak 1,5 tahun ia sudah terampil dalam menggunakannya, karena itu menganjurkan anak makan dari mangkuk sejak dini –juga minum dari cangkir—sangat bermanfaat untuk melatih kemandirian anak tersebut.

        Memang saat makan sendiri, selain lambat, orang tua juga mesti siap melihat anak berlumuran makanan, wajah penuh dengan makanan-makanan, pakaian basah  dan kotor, serta lantai menjadi kotor pula.

        Namun, sebagaimana aspek perkembangan yang lainnya tidak akan mengalami kemajuan tanpa penderiataan. Saat makan sendiri ada kemajuan , ada kemajuan luar biasa yang didapat si anak, karena mampu untuk dipercaya orang tua, semakin mandiri dan kemampuan motoriknya juga akan terlatih dan berkembang dengan baik.

JIKA SI KECI MENOLAK

        Bagaimana jika anak menolak cakir atau mangkuk ? bayi yang telat perkembangannya dengan peralatan makanan mungkin akan gigih mempertahankan payudara sang ibu atau botol kesayangannya, namun kita dapat mempermudah aktivitas ini dengan langkah-langkah berikut :

1.           1    1. Bangkitkan Motivasi Anak

Suatu saat mungkin si kecil pernah melihat kakaknya menggunakan cangkir atau mangkuk, dengam melihat itu dia punya keinginan untuk mecobanya, katakan pada si kecil dede juga pasti bisa seperti kakak, sambil melatih jalaskan mengapa ia perlu menggunakan alat tersebut. Misalnya sampaikan ke ia ” Suapaya dede makanya banyak dan badan menjadi sehat…..” dst.

 2.                 2. Membeli bersama

Agar cangkir dan mangkuk menjadi familiar terhadap anak, biarkan ia memilih ke dua alat makan tersebut atau belilah cangkir dan mangkuk yang mungil modelnya, biarkan ia memilihnya saat akan makan memilih alat yang ia suka modelnya.

Biasanya si kecil menyukai cangkir yang ada kuping dua atau polos seperti gelas minum, cangkir berbentuk corong atau bersedotan menjadi pilihan si kecil, apapun modelnya yang terpenting alat tersebut dipastikan bukan dari bahan yang mudah pecah dan mudah aman tidak membuat anak mudah tersedak.

Untuk mangkuk pilihlah mangkuk yang aga yang pingirannya aga melengkung tinggi, model ini memudahkan anak meyendok makanan meskipun tanpa garpu, ada pula yang permukaannya berongga sehingga kehangatan makanan tetap terjaga lebih lama, sementara di bawahnya ada alat karetnya agar mangkuk tidak mudah bergeser saat ia sedang menyendok.

 3.                  3. Biarikan Anak Mengenalinya

Biarkan si kecil bermain-main dengan cakir dan mangkuk, mungkin ia ingin memberi minum bonekanya dan menyuguhkan untuk kawanya.

 4.         4. Jadilah Model

Saat memberi tahu anak cara memakai cangkir atau mangkuk sebaiknya Kita juga menunjukan caranya, anak biasanya ingin meniru tingkah laku orangtuanya. Jika orang tuanya menggunakan cangkir atau mangkuk ia pun ingin juga menggunakannya.

 depoktrenTon_PG

 498 total views

LEAVE A REPLY