Riwayat Singkat Margonda (1)

0
844

 

margonda-raya

Depoktren.com – Siapa yang tak tahu Jalan Margonda, jalan raya penghubung utama antar dua provinsi, DKI Jakarta dan Bogor. Jalan yang padat akan aktivitas, baik siang atau pun malam. Semua unsur kehidupan akan kita temukan di jalan yang menjadi jantung Kota Depok ini.

Selidik punya selidik, sejarah asli Margonda tidaklah sepopuler namanya saat ini. Bahkan dapat dikatakan sebagian besar orang Depok tidak mengenal siapa itu Margonda, dari mana asalnya, dan bagaimana ia dapat dijadikan nama jalan di Depok.

Margonda adalah pejuang yang dilahirkan dan dibesarkan di Bogor, ia tinggal di Jalan Ardio Bogor. Saat kebanyakan orang tidak dapat menamatkan AMS (setingkat SMA), Margonda justru berhasil dengan baik dan dikenal pula sebagai atlit lari yang hebat. Di lain pihak ada yang menyebutkan bahwa Margonda lahir di Cimahi, ada pula di Ciawi.

Nama aslinya adalah Marganda bukan Margonda. Ia menikah dengan MS Mintareja SH (mantan Menteri Sosial masa Orde Baru/Ketua PPP kala itu). Kemudian ia memiliki anak yang dinikahi oleh seorang Laksamana Angkatan Laut di Surabaya.

(anbf)

 

 2,045 total views

LEAVE A REPLY