Satlantas Depok Berlakukan Contraflow di Bawah flyover UI

0
347
Jalan sedang di betonisasi di bawah flyover UI (foto:menittv)
Jalan sedang di betonisasi di bawah flyover UI (foto:menittv)
Jalan sedang di betonisasi di bawah flyover UI (foto:menittv)

depoktren.com-Satuan Polisi Lalu Lintas Polresta Depok memberlakukan contraflow di kolong flyover Universitas Indonesia (UI) sejak Senin, 10 Februari 2014. Hal itu dilakukan untuk mengatasi kemacetan akibat adanya perbaikan jalan rusak di kolong flyover UI.

Jalan dikolong flyover UI yang berada wilayah perbatasan Jakarta Selatan-Depok mengalami rusak akibat curah hujan yang tak henti-hentinya menguyur. Dengan adanya perbaikan jalan tentu menyebabkan kemacetan lalu lintas dari Depok ke Jakarta.

”Satu jalur memang ditutup karena ada perbaikan jalan. Jadi kami berlakukan contraflow,” ujar
Kepala Satlantas Polresta Depok, Kompol Kristanto Yoga, Selasa (11/2).

Menurut Kristianto, mulai Senin kemarin pengguna jalan dari Depok hanya bisa memakai satu jalur. Dengan kebijakan contraflow ini, kendaraan dari arah Jalan Margonda tidak lagi melalui flyover, tapi diarahkan ke Simpang Tumenggung. Kemudian, kendaraan melawan arah hingga dua kilometer. ”Jadi kendaraan melawan arah hingga putaran di Yon Zikon 15 atau dekat KFC Lenteng Agung,” tuturnya.

Kendaraan dari arah Depok boleh melawan arah dari Simpang Tumenggung melalui lajurkanan. Sebab, hanya satu jalur yang digunakan untuk contraflow yaitu lajur kanan. Polisi memasang traffic cone dari simpang UI hingga putaran Universitas Pancasila (UP). ”Kalau tidak begitu akan padat arusnya. Yang penting bisa mengurai kemacetan di titik perbaikan jalan,” tegasnya.

Contraflow diberlakukan pada jam-jam sibuk, antara pukul 06.00-09.30 WIB. Kemacetan di jalan ini bisa mencapai 2,5 kilometer. Sebab, pada jam itu, arus kendaraan dari Depok menuju Jakarta sangat padat, sementara dari arah sebaliknya tidak padat.

Kristianto menambahkan, rencananya contraflow ini dilaksanakan hingga lima hari, atau sampai Jumat, 15 Februari 2014. Ia yakin pengerjaan betonisasi di jalan rusak sepanjang 150 meter itu selesai dalam lima hari. @akan

 911 total views

LEAVE A REPLY