BNNK Depok Bentuk Kader Antinarkoba Pelajar SMK Bina Rahayu

0
332

narkoba stopdepoktren.com-Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Depok, membentuk kader antinarkoba terhadap untuk pelajar di SMK Bina Rahayu, Cimanggis, Depok, Rabu (12/2).

Menurut Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat (Kasi Dayamas) BNNK Depok, Rubiyanto Darmowidjojo, sejak dini sudah diajarkan arti penting menghindari penyalahgunaan narkoba. Hal tersebut berguna supaya terhindar dari narkoba.

”Berdasarkan survey nasional terhadap penyalahgunaan narkoba di 2011, diperkirakan prevalensi pengguna narkoba sebanyak 2,2 persen. Sehingga sebanyak 4 juta penduduk Indonesia sebagai penyalahguna narkoba,” ujjarnya saat berdialog depan puluhan pelajar SMK Bina Rahayu.

Rubiyanto menjelaskan, permasalahan yang ada dengan masih tingginya pemakai narkoba. Tidak disesuaikan dengan keberadaan tempat rehabilitasi yang ada. ”Bagi pengguna narkoba seharusnya disembuhkan dengan ditaruh di tempat rehabilitasi. Bukan diberi hukuman, sehingga tidak ada berkurangnya pengguna narkoba,” jelasnya.

Sesuai Instruksi Presiden No. 12 Tahun 2011, lanjut Rubiyanto, tentang kebijakan dan strategi nasional di bidang P4GN yaitu Kementerian, Lembaga Pemerintah Non Kementerian, Gubernur, Bupati, Walikota, dan dunia usaha serta masyarakat untuk melakukan upaya pencegahan, rehabilitasi pecandu narkotika dan membantu pemberantasan produsen serta peredaran gelap narkoba.

”Terbatasnya tempat rehabilitasi yang dimilik pemerintah menjadi kendala dalam proses rehabilitasi bagi pengguna narkoba. Dari 4 juta orang yang pengguna narkoba, baru 18.000 orang yang memperoleh pelayanan rehabilitas terapi medis maupun sosial,” ungkap Rubiyanto.

Diberharapkan Rubiyanto, para siswa SMK Bina Rahayu menjadi kader yang militan tentang antinarkoba sehingga lingkungan SMK Bina Rahayu bebas dari narkoba. @tono

 1,678 total views

LEAVE A REPLY