Imigrasi Depok Akui Banyak Keluhan Soal Pembayaran Paspor di Bank BNI

0
313

kantor-imigrasi-depok2depoktren.com-Kepala Kantor Imigrasi Depok, Arief Munandar, mengatakan kebijakan pembayaran paspor melalui Bank BNI sudah menjadi keputusan dari pusat yakni Kementerian Hukum dan HAM Direktorat Jenderal Imigrasi sejak 25 November 2013 lalu, tujuannya agar ada kepastian pelayanan, biaya dan transparansi, selain juga bertujuan untuk menghindari percaloan.

”Kami tetap melayani pemohon paspor sesuai standar operasional prosedur (SOP),” terang Arief saat diminta tanggapannya atas banyak keluhan masyarakat saat pembayaran permohonan paspor yang harus melalui Bank BNI, Kamis (13/2).

Dengan prosedur pembayaran di Bank BNI, lanjutnya, diharapkan dapat mengurangi antrian saat pembayaran. Selain, untuk memudahkan proses rekonsiliasi dan mendukung program pemerintah, dalam melakukan pembayaran Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) secara online. ”Kami hanya pelaksana, memang saat ini ada sedikit tambahan prosedur dimana pemohon harus membayar ke Bank BNI terlebih dahulu,” tegasnya.

Arief mengakui telah menerima banyak keluhan dari pemohon paspor dengan susahnya membayar melalui Bank BNI yang jaraknya jauh dari Kantor Imigrasi Depok. Pihaknya sudah sampaikan ke pihak Bank BNI agar membuka kantor cabang pembantu (capem) di dekat Kantor Imigrasi Depok yang berada di Komplek Perkantoran Grand Depok City (GDC), Kota Kembang, Cilodong, Depok.

”Untuk biaya tambahan Rp 5.000, itu murni biaya administrasi bank BNI dan tidak ada kaitannya dengan Imigrasi. Tanyakan ke BNI,” tegasnya yang mengungkapkan, setiap harinya, jumlah pemohon paspor dan lain-lain di Imigrasi Depok sebanyak 150-200 pemohon. ”Jadi sebaiknya pihak Bank BNI harus membuka kantor capemnya di lingkungan Kantor Imigrasi Depok.”  imbuhnya. @tono

 1,485 total views

LEAVE A REPLY