Tradisi Unik Hari Valentine di Berbagai Negara

0
446

sanjayararra.blogspot.com-3

Depoktren.com – Peringatan Hari Valentine telah menjadi sebuah tradisi yang mendarah daging di berbagai negara. Tak heran jika kita menemukan hal-hal unik yang terjadi pada tiap tanggal 14 Februari. Pada umumnya para remaja merayakan Hari Valentine dengan memberikan bunga, kartu ucapan, atau coklat kepada seseorang yang ia cintai. Namun berbeda hal dengan kebiasaan beberapa orang di suatu negara dalam hal memperingati hari yang spesial ini.

Di Meksiko, Hari Valentine biasa dikenal dengan nama Dia De San Valentine. Biasanya para pemuda mendatangi rumah teman wanitanya di malam hari, kemudian menyanyikan lagu-lagu romantis diiringi musik ala Meksiko.

Di Denmark,  ada beberapa tradisi unik. Pertama, para muda mudi memberikan lover card, yakni sebuah kartu yang terbuat dari bahan transparan yang saat kita dekatkan ke lampu maka kita akan melihat gambar pengirim dengan hadiah ditangannya. Kedua, tradisi memberikan bunga putih kepada orang tercinta. Bunga putih dilambangkan sebagai simbol cinta di Denmark. Bunga putih yang biasa digunakan adalah bunga Snowdrop. Ketiga, khusus bagi para pria di Denmark, mereka memiliki tradisi sendiri yaitu menulis puisi lucu (Gaekkebrev) yang nantinya akan diberikan kepada wanita yang disukai. Puisi ini hanya dituliskan inisial si pengirim dan wanita harus bisa menebak nama pengirimnya sendiri.

Di Inggris, saat hari valentine tiba, majalah-majalah setempat akan dihiasi dengan berbagai rangkaian kata indah yang berupa soneta dan puisi. Dengan puisi, mereka menyalurkan rasa cinta mereka kepada pasangan masing-masing.

Di Perancis, para lajang masuk ke dalam rumah masing-masing lalu saling berhadapan di sisi jendela rumahnya, kemudian mulai saling memanggil dari satu jendela ke jendela lainnya. Jika seorang pria tidak menyukai pasangannya, maka dia akan meninggalkan wanita tersebut. Jika mereka saling menyukai, meraka akan menjadi pasangan. Selain itu sebagian wanita akan meneriakkan makian dan membakar foto pasangannya dalam api unggun.

Di Skotlandia, Hari Valentine dimeriahkan dengan adanya festival. Festival ini didatangi oleh banyak pria dan wanita yang masih single. Kemudian masing-masing mereka menuliskan nama di secarik kertas kecil lalu menggulungnya. Kertas itu kemudian dikumpulkan di dua topi, satu untuk pria dan satu untuk wanita. Tiap orang mengambil satu-satu kertas tadi, setelah menemukan pasangan, semua diminta tetap pada pasangan yang didapat, meski mungkin mereka tidak merasa cocok. Selain tradisi festival tersebut, sebagian meyakini orang yang pertama kali berjalan di sampingnya di jalan umum atau di manapun maka ia akan menjadi pasangannya.

(anbf)

 1,432 total views

LEAVE A REPLY