Jaga Kelestarian Situ, Lurah Sawangan Bentuk Pokdarwis

0
1634

situ sawangandepoktren.com-Kelurahan Sawangan, Kecamatan Sawangan, membentuk Kelompok Sadar Pariwisata (Pokdarwis) Situ Sawangan, Depok.”Alhamdulillah Pokdarwis di wilayah kami sudah terbentuk, mudah-mudahan dengan dibentuknya Pokdarwis  Situ Sawangan ini dapat menjaga situ dan assetnya yang ada saat ini, serta penataannya semakin baik,” ujar Dede Hidayat, Lurah Sawangan, Depok, Jawa Barat (Jabar), Kamis (13/2) malam.

”Ini untuk menjaga keutuhan situ dari penyalahgunaan dan hilangnya situ akibat tangan jahat manusia,” tegas Dede yang menjelaskan, pembentukan Pokdarwis selain ada instruksi dari Dinas Pariwisata Kota Depok, hal itu juga dilakukan atas dasar Instruksi Presiden Nomor 16 Tahun 2005 dan Undang-undang Nomor 10 Tahun 2009 tentang kepariwisataan. Selain itu Pokdarwis Situ juga diperkuat dengan Peraturan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata No 7/HK.001/MKP-2007. ”Jadi ini bukan mengada-ngada, akan tetapi ada dasar hukumnya,” tegasnya.

Saat ini dikatakan Dede luas Situ Sawangan mencapai 18 hektare, dari semula konon katanya 24 hektare. Penataan Situ Sawangan saat ini jauh lebih baik ketimbang beberapa tahun lalu. @tono

 3,970 total views

LEAVE A REPLY