Pesan “2 Jam Lagi Ada Letusan Susulan Gunung Kelud” Hoax

0
144

blackberry massanger

Depoktren.com – Kabar meletusnya gunung Kelud sangat mengangetkan masyarakat Indonesia. Pada tengah malam, gunung yang telas berstatus ‘awas’ ini mulai erupsi untuk yang pertama. Masyarakat telah mulai dievakuasi saat itu juga.

Dalam kepanikan itu tersebar berita yang cukup meresahkan masyarakat. Sebuah berita bohong (hoax) tersebar melalui broadcast massage Blacberry Massenger (BBM), WhatsApp, dan media sosial seperti Twitter, Path, dan juga Facebook. Pesan ini berisi bahwa akan terjadi letusan susulan di Gunung Kelud 2 jam lagi sejauh 20 km dari pusat magma. Berikut isi lengkap dari berita bohong tersebut:

“Info dari BMG 2 jam lagi ada letusan susulan status AWAS II, diperkirakan letusan sejauh 20 km dari pusat magma dan diperkirakan terjadi gempa 6 sampai 8 skalalighter. Dan setelah ini lampu akan dipadamkan total untuk wilayah kediri. Lahar dingin  mengalir sampai Kademangan Blitar hati2 untuk daerah alirah lahar, hujan abu dan suara gelegar letusan sampe solo dan klaten, sedangkan daerah kota pare kediri ke utara di selimuti bau belerang yg menyengat. Tolong sebarkan kabar ini ke sanak keluarga anda. Info: http//www.BMKG.co.id”.

Menanggapi berita tersebut, Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian Energi, Sumber Daya Alam dan Mineral, Hendrarto, pada Jumat (14/2/2014) dini hari membantah berita tersebut keluar dari BMG. “Tidak benar akan ada letusan dua jam lagi. Untuk memastikan itu, butuh peralatan yang baik,” ujar Hendrarto.

(anbf)

 

 522 total views

LEAVE A REPLY