Kasus-Kasus Korupsi di Depok Yang ‘Terkubur’ Akan Segera Dibongkar

0
166

SONY DSCdepoktren.com-Belasan kasus-kasus korupsi yang ‘terkubur’ akan segera dibongkar. ”Ada 15 kasus korupsi,” kata Kepala Seksi Intelijen Kejaksaan Negeri (Kejari) Depok, Eka Darma Putra, Jumat (14/2).

Kasus korupsi tersebut diduga melibatkan pejabat dan bekas pejabat Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, Jawa Barat (Jabar). ”Perkara korupsi itu sudah terkubur bertahun-tahun di Kejari Depok,” tegas Eka.

Perkara kasus korupsi itu antara lain yakni, penyimpangan proyek Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) anggaran 2011 untuk pembuatan running teks senilai Rp 3,2 miliar, proyek pengadaan lahan dua kantor kecamatan (Kecamatan Cinere dan Bojongsari) senilai Rp 8 miliar. Lalu, proyek Balai Latihan Kerja Dinas Koperasi UMKM dan Pasar Kota Depok di Jalan Bahagia Raya, Kelurahan Abadi Jaya, Kecamatan Sukma Jaya senilai Rp 1,2 miliar. ”Kita akan bongkar semua. Semua yang diduga terlibat akan kita periksa,” terang Eka.

Eka menegaskan, pihaknya tak takut memeriksa pejabat dan mantan pejabat di lingkungan Pemkot Depok, yang diduga mengisap dana APBD. ”Kita hanya takut kepada Tuhan,” tegas Eka.

Direktur Eksekutif Jati Jajar Center Kota Depok Bernhard Simorangkir mengatakan, penanganan kasus ini akan sulit dilakukan tanpa pengawasan Badan Pengawas Kejaksaan Agung. ”Kejaksaan Agung harus menelusuri dugaan korupsi yang mengambang di Kejari Depok. Di mana masalah dan kendalanya agar masyarakat tahu,” tutur Bernhard.

Bernhard mengaku prihatin melihat kasus korupsi di Depok dibiarkan mangkrak bertahun-tahun. Ada 15 kasus yang ditangani Kejari setempat hingga saat ini mangkrak. ”Jadi mau dibawa kemana. Apakah harus ditangani lingkup yang lebih besar, padahal kasusnya hanya pada kisaran 2 miliar-5 miliar,” pungkasnya. @tono

 529 total views

LEAVE A REPLY