Pendaftaran SNMPTN Hari Ini Dibuka

0
431

snmptn

 

Depoktren.com – Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) hari ini resmi dibuka. Seleksi nasional ini diadakan setiap tahun guna memberikan akses kepada para anak bangsa untuk meraih pendidikan yang lebih tinggi dari berbagai penjuru nusantara.

Untuk mendaftar para siswa disyaratkan untuk mengikuti UN (ujian nasional) pada tahun 2013 atau 2014, memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan terdaftar pada Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS), dan memiliki nilai rapor semester 1 sampai semester 5 (semester 7 bagi SMK/MAK empat tahun) yang telah diisikan pada PDSS.

Tata cara mengikuti SNMPTN dilakukan melalui dua tahap, pertama pengisian PDSS oleh sekolah dan verifikasi oleh siswa, dan kedua pendaftaran. Untuk pengisisan dan verifikasi PDSS, Kepala Sekolah mengisis data sekolah dan siswa di PDSS melalui laman http://pdss.snmptn.ac.id , kemudia mendapatkan password untuk setiap siswa yang akan digunakan oleh siswa untuk melakukan verifikasi ulang. Siswa lalu melakukan verifikasi data rekam jejak prestasi akademik (nilai rapor) yang diisikan oleh Kepala Sekolah dengan menggunakan NISN dan password yang diberikan Kepalas Sekolah. Jika siswa tidak melakukan verifikasi maka data yang ada dianggap benar dan tidak dapat diubah setelah masa verifikasi selesai.

Alur pendaftar adalah sebeagi berikut: siswa melakukan pendaftaran di laman SNMPTN http://www.snmptn.ac.id dengan NISN dan password yang diberikan oleh Kepala Sekolah. Kemudian mengisi biodata, pilihan PTN, dan pilihan program studi, serta mengunggah pas foto resmi terbaru dan dokumen prestasi tambahan (jika ada). Bagi sisw ayang mendaftar program studi keolahragaan dan seni harus mengunggah portofolio atau dokumen bukti keterampilan yang diisi oleh Kepala Sekolah dan/atau siswa menggunakan pedoman yang dapat diunduh di lama SNMPTN. Terakhir, siswa mencetak Kartu Bukti Pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN. Jika terjadi kesulitan dalam akses internet, siswa dan/atau sekolah dapat melakukannya di Plasa Telkom san/atau di Kantor Pos online di seluruh Indonesia.

Jadwal pelaksanaan SNMPTN adalah : Pengisian PDSS 6 Januari-6 Maret 2014. Pendaftaran 17 Februari – 31 Maret 2014. Proses seleksi 1 April – 26 Mei 2014. Pengumuman hasil seleksi 27 Mei 2014. Pendaftaran ulang di PTN 17 Juni 2014.

Setiap siswa pelamar dapat memilih sebanyak-banyaknya 2 (dua) PTN. Apabila memilih 2 (dua) PTN, maka salah satu PTN harus berada di provinsi yang sama dengan SMA asalnya, atau dari provinsi terdekat bila belum terdapat PTN pada provinsi asalnya. Apabila memilih satu PTN, maka PTN yang dipilih dapat berada di provinsi mana pun. Siswa pelamar dapat memilih sebanyak-banyaknya 3 (tiga) program studi dengan ketentuan satu PTN maksimal 2 (dua) program studi. Urutan pilihan PTN dan program studi menyatakan prioritas pilihan. Siswa SMK/MAK hanya diijinkan memilih program studi yang relevan dan ditentukan oleh masing-masing PTN. Daftar program studi dan daya tampung SNMPTN tahun 2014 dapat dilihat pada laman http://www.snmptn.ac.id selama periode pendaftaran. Untuk pendaftaran SNMPTN 2014 ini tidak dikenakan biaya sedikit pun bagi siswa pelamar atau sekolah.

(http://www.snmptn.ac.id / anbf)

 878 total views

LEAVE A REPLY