Pekan Sarapan Nasional, Pergizi Pangan Indonesia, Persagi, dan Pemerintah Kota Depok Sarapan Bersama

0
348

Digimax A50 / KENOX Q2

 

Depoktren.com – Selasa, (18/2/2014) Walikota Depok, H. Nur Mahmudi Isma`il, MSc, Dirjen Bina Gizi dan Kesehatan Ibu dan Anak, Bapak Agung Sugihartono, Kemenkes dan Deputi Bidang Koordinasi Kesehatan, Kependudukan dan Keluarga Berencana, 300 peserta terdiri dari  Tim Penggerak PKK, Kepala UPT Pendidikan, dan Kesehatan, Kepala Sekolah, Komite Sekolah, Siswa SD, Kepala OPD, Persagi, Pergizi dan hadirin lainnya telah berkumpul di Aula Teratai Balaikota Depok untuk mengikuti sarapan bersama dalam rangka Pekan sarapan Nasional.

Acara sarapan bersama ini adalah salah satu dari rangkaian acara peringatan Hari Gizi Nasional (HGN) yang jatuh pada tiap tanggal 25 Januari dan setiap tanggal 14-20 Februari diperingati Pekan sarapan Nasional. Menurut DR.dr. Yustina Anie. I, MSc, Sp.GK sarapan itu sangat penting untuk memberikan energi untuk beraktifitas baik fisik dan otak. Ia juga menambahkan bahwa peran ibu sangat penting dalam masalah sarapan yang bergizi.

Pemerintah Depok sangat fokus dalam hal gizi. Ini dapat dilihat dari adanya program One Day No Rice (ODNR). Oleh sebab itu, pada sarapan bersama ini, menu dalam sarapan ini adalah nasi jagung. Menu sarapan seperti ini, dapat ditiru, karena memiliki GKI rendah, namun tetap bergizi seimbang didampingi lauknya yang bergizi.

Menurut survey yang telah dilakukan pada 700 responden dari tingkat SD di Depok pada tahun 2013, 91% siswa melakukan sarapan sebelum berangkat ke sekolah. Nilai ini meningkat dari hasil survey pada tahun 2006 bahwa siswa SD yang melakukan sarapan 80%.

Menurut Walikota Depok, Nur Mahmudi Ismail, sarapan sangat penting untuk anak terutama sarapan secara 3B, Beragam, Bergizi, dan Berimbang, karena dari sarapan kita akan mendapatkan tiga hal. Pertama, ketersedian energi, kedua akan memperbaiki konsentrasi anak, dan ketiga, saat ia sudah cukup energi, konsentrasinya baik, maka ia akan mampu mengoptimalkan kreatifitas untuk melakukan aktifitas, baik aktifitas sekolah atau aktifitas bekerja dan lain lain.

(anbf)

 

 796 total views

LEAVE A REPLY