Agrowisata Belimbing, Sarana Edukasi Mengenal Pertanian

0
939

DSC02355

 

depoktren.com – Depok dikenal dengan icon buah Belimbing. Hal ini dibenarkan dengan banyaknya pertanian dan pengolahan Belimbing di kota ini. Bertempat di Jl. Kalilicin Kp. Pitara Rt 08 Rw 13 Pancoran Mas Depok, terdapat Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) Si Dewa, Packing House Star Fresh.

Di tempat ini, kita akan melihat hampir di setiap rumah ditanami pohon Belimbing. Budi daya Belimbing sangat dikembangkan oleh kelompok tani yang diprakarsai oleh Nanang Yusuf. Selain fokus pada pertanian dan pengembangannya, Nanang juga menjadikan daerah ini sebagai agrowisata Belimbing yang dapat dikunjungi oleh siapa pun, terutama para pelajar. Hal ini bertujuan agar generasi penerus bangsa, khususnya para remaja Depok, dapat mengenal dan faham akan pertanian Belimbing.

Edukasi yang diberikan meliputi tata cara menanam Belimbing, memberikan pupuk, irigasi, cara memanen Belimbing yang benar, pemilihan Belimbing menurut kualitasnya, sampai pengepakan Belilmbing.

Luas tanah agrowisata ini sekitar 7,31 ha dengan banyak pohon sebanyak 1745. Selain pohon Belimbing kita juga bisa belajar tentang budi daya buah Jambu Biji. Saat ini Jambu Biji yang ada di agrowisata ini sebanyak 349 pohon. Tempat ini sangat cocok untuk menjadi tujuan wisata bagi anak-anak anda yang aktif dan ingin mengenal dunia pertanian.

(anbf)

 2,144 total views

LEAVE A REPLY