Hanya Situasional, Contra Flow Depok-Lenteng Agung

0
337

jl UI dibetondepoktren.com-Pemberlakuan lawan arus (contra flow) yang dilakukan jajaran Satlantas Polresta Depok di jalur Depok mengarah Lenteng Agung hanya bersifat situasional. Artinya contra flow dibuka ketika arus kendaraan sudah padat dan terjadi antrian hingga ratusan meter.

Namun jika arus lalu lintas lancar maka jalur diberlakukan normal kembali. “Sifatnya situasional, kalau padat ya kita buka jalur contra flow. Jadi sewaktu-waktu saja,” ujar Kanit Turjawali Satlantas Polresta Depok, AKP Untung M saat ditemui di jembatan Universitas Indonesia (UI), di Depok, Rabu (19/2).

Menurut Untung, lawan arus akan terus dilakukan hingga pekerjaan perbaikan jalan di kolong fly over selesai. “Sudah satu minggu kita lakukan contra flow. Biasanya diberlakukan saat jam sibuk pukul 07.00-08.00WIB,” ungkapnya.

Lawan arus ini dibuka khususnya untuk arus kendaraan yang menuju Lenteng Agung. Titik contra flow mulai dari Simpang Tumenggung, kemudian kendaraan melawan arah hingga 2KM, dan berakhir di putaran Yon Zikon 15 atau pintu rel kereta (gardu).

Kemudian arus kendaraan dari Lenteng Agung yang ingin ke UI, dialihkan belok kiri menuju Akses UI dan berputar di jembatan, dan berputar di putaran apartemen Margonda. “Titik konflik di perbatasan dari Lenteng Agung menuju UI untuk sementara kita tutup. Jalur itu digunakan untuk contra flow,” jelas Untung.

Untung menegskan, perbaikan jalan rusak yang masuk jalan provinsi DKI Jakarta itu diperkirakan akan selesai dalam tempo satu bulan. Namun, pihaknya juga menyesalkan pihak kontraktor yang tidak melakukan koordinasi terkait perbaikan jalan tersebut. “Tidak ada koordinasi sama sekali, padahal perbaikan itu sangat berdampak pada kemacetan lalu lintas. Ya kita ambil inisiatif sendiri saja,” tandas Untung. @tono

 760 total views

LEAVE A REPLY