Nasib Situ Bahar Depok Alami Pendangkalan

0
261

 Situ Bahar

depoktren.com – Sejumlah situ di Depok mengalami kondisi kritis akibat pendangkalan atau sedimentasi. Salah satunya, Situ Bahar yang berada di belakang Perumahan Vila Pertiwi, Kecamatan Cilodong, Depok.

Padahal, situ tersebut sejatinya merupakan tempat “parkir” air untuk mengurangi limpahan air ke Kali Laya yang kerap meluap dan membuat banjir. Situ Bahar mengalami pendangkalan serta penyempitan karena sudah berubah fungsi menjadi pemukiman. Luasnya kini hanya 1,2 hektar dari sebelumnya lebih dari 3 hektar.

Camat Cilodong Marjaya mengatakan pihaknya melibatkan seluruh unsur berkoordinasi bersama Kodim TNI 05/08 Depok dan Polresta Depok bersama pemerintah kota untuk membersihkan Situ Bahar. Salah satunya dari eceng gondok dan rumput liar.

“Ini pembersihan sudah kedua kali, karena mengalami pendangkalan, rumput semua dicabut yang sudah menutupi Situ Bahar, seluruh tenaga, personel cukup banyak dikerahkan, dan dipimpin langsung oleh Dandim,” katanya di lokasi, Jumat (21/02/2014).

Marjaya mengatakan, selain Situ Bahar, pihaknya akan membersihkan Situ Cilodong. “Sebelah sana ada rumah, kalau kita lihat ada bagian dari situ yang mengalami penyempitan dan hilang sama sekali, semestinya jangan melakukan kegiatan minimal 50 meter Garis Sempadan Situ, kami juga akan berupaya untuk menjadikan situ menjadi ekowisata melepas ikan, dan sepeda air, sehingga jadi tempat rekreasi,” tegas Marjaya.

Dandim 05/08 Letkol Inf Moch Zamroni mengatakan Situ Bahar sudah mengalami pendangkalan serius. Pihaknya mengerahkan 350-400 personel untuk membersihkan Situ Bahar.

“Kendalanya memang pendangkalannya serius, karena ini ada kaitannya dengan situ pengarengan, kami akan tambah daya tampung volume air, kira – kira dalamnya ditambah 1 meter karena sebelumnya ada sedimentasi, kedepan kami akan coba melakukan hal yang sama di Situ Citayam,” tandas Zamroni.

(anbf)

 766 total views

LEAVE A REPLY