Wisata Relligi di Masjid Kubah Emas Depok

0
1075

kubah emas

depoktren.com – Masjid Kubah Emas Depok yang memiliki nama asli Masjid Dian Al-Mahri ini diresmikan pada tanggal 31 Desember 2006 dan bertepatan dengan pelaksanaan sholat Idul Adha 1427 H oleh pendirinya Ibu Hj Dian Juriah Maimun Al Rasyid dan juga Bapak Drs H. Maimun Al Rasyid. Masjid ini disebut juga dengan nama Masjid Kubah Emas, sesuai dengan ciri khasnya yaitu terdapat pada kubahnya yang berlapiskan emas.

Masjid ini memang memakai unsur material logam emas dengan 3 teknik pemasangan :

  1. Pertama, serbuk-serbuk emas (prada) yang terpasang pada mahkota/pilar.
  2. Kedua gold plating yang berada pada lampu gantung, ralling tangga mezanin, pagar mezanin, ornament kaligrafi yang berisi kalimat tasbih pada pucuk langit-langit kubah dan ornament dekoratif diatas mimbar mihrab.
  3. Ketiga gold mozaik solid yang berada pada kubah utama serta kubah menara.

Masjid yang memiliki luas 8000m2 ini di bangun diatas tanah seluas 70 Hektar, dan juga merupakan bagian dari konsep pengembangan sebuah kawasan yang terpadu dan diberi nama Kawasan Islamic Center Dian Al-Mahri. Kawasan masjid ini juga sering disebut sebagai sebuah kawasan masjid yang termegah di Asia Tenggara. Masjid ini mampu untuk menampung sekitar 15.000 jamaah untuk pelaksanaan sholat dan juga sekitar 20.000 jamaah untuk pelaksanaan majelis taklim.

Ruang utama dari masjid ini berukuran 45×57 meter yang dapat menampung 8.000 jamaah. Masjid ini memiliki 6 minaret yang berbentuk segi enam dan tingginya masing-masing 40 meter. Ke 6 minaret ini dibalut dengan granit berwarna abu-abu yang berasal dari itali dengan ornamen yang melingkar. Pada puncak minaret terdapat sebuah kubah yang berlapiskan mozaik emas 24 karat.

Kubah masjid ini mengacu pada kubah yang digunakan di masjid-masjid dari Persia dan India yang dibalut dengan mozaik berlapiskan emas 24 karat yang materialnya didatangkan langsung dari Itali. Pada langit-langit nya kubah terdapat sebuah lukisan langit yang warnanya dapat berubah sesuai dengan warna langit pada waktu-waktu sholat. Hal ini mungkin menggunakan sebuah teknologi tata cahaya yang memang diprogram dengan bantuan komputer.

Kawasan Masjid Kubah Emas Dian Al Mahri ini di dalam perkembangannya sudah menjelma sebagai salah satu tujuan wisata religi umat islam. Kawasan Masjid ini pada setiap akhir pekan dan hari libur banyak dikunjungi yang tidak kurang dari sekitar 50.000 jama`ah.

(anbf)

 2,955 total views

LEAVE A REPLY