Kemendikbud : Akan Belajar Kesalahan Tahun Lalu

0
692

anak-sekolahdepoktren.com– Pemerintah mempercepat pencetakan naskah soal untuk Ujian Nasional (UN). Ini dilakukan untuk megantisipasi penyelenggaraan UN tahun ajaran 2013/2014 untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) agar tidak kacau seperti tahun lalu.

Antisipasi lain yang dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) adalah meningkatkan kualitas lembar jawaban komputer ujian nasional. Tahun lalu, akibat keterlambatan pencetakan naskah soal UN 2013 mengakibatkan tidak serentak pelaksanaan UN di Indonesia.

”Kami tidak mau UN tahun ini bermasalah lagi seperti tahun sebelumnya. Jika tahun lalu pencetakan dilaksanakan minggu kedua Maret, maka untuk tahun ini memang dipercepat waktunya. Harapannya pencetakan bisa selesai lebih awal dan tersisa dua minggu untuk memastikan pendistribusiannya,” ujat Mendikbud, Mohammad Nuh.

Tokoh Pendidikan Diennaryati Tjokrosuprihatono mengungkapkan, Pencetakan soal UN mestinya sudah menjadi agenda tahunan, seharusnya tidak boleh selalu ada kendala yang sama. ”Saya setuju dengan percepatan pencetakan naskah soal UN, namun juga harus dipikirkan waktunya apa lebih efektif dan efisien. Jangan sampai ada kebocoran soal ujian, kualitas dan kuantitas kertas juga harus diperhatikan,” paparnya.

Diennaryati juga menambahkan, hal lain yang perlu diperhatikan adalah soal pelaksanaan tender pencetakan soal. Pemilihan pemenanh jangan terburu-buru, karena akan mempengaruhi kualitas dan kuantitas kertas soal ujian. Pengawasanyang ketat terhadap proses produksi dan pengiriman juga harus dilakukan.

Pemerhati Pendidikan Mira Rosana mengatakan, tahun lalu dianggap sebagai musibah pendidikan dan manajemen pendidikan nasional yang gagal. Pemerintah harus belajar dari kejadian tahun lalu.

”Jangan sampai kejadian ini terulang lagi, dan jika terulang lagi berarti dinas pendidikan tidak belajar dari kejadian sebelumnya. Perlu diperbaiki manajemen pendistribusian terutama ke daerah-daerah pelosok, seperti keamanan, penyimpanan, dan juga SDM yang sigap dan dipercaya agar soal UN tidak bocor,” pungkas dosen Universitas Pasundan Bandung ini.

Peserta UN tingkat SMA dan  sederajat tahun ajaran 2013/2014, ungkapnya, mencapai 2,7 juta siswa, sedangkan peserta UN SMP dan sederajat mencapai 2,9 juta peserta. Ujian Nasional 2014 untuk SMA dan sederajat akan diadakan pada 14– 16 April, sedangkan jenjang SMP dan sederajat diadakan 5-8 Mei.

Peserta UN tingkat SMA dan  sederajat tahun ajaran 2013/2014 mencapai 2,7 juta siswa, sedangkan peserta UN SMP dan sederajat mencapai 2,9 juta peserta. Ujian Nasional 2014 untuk SMA dan sederajat akan diadakan pada 14 – 16 April, sedangkan jenjang SMP dan sederajat diadakan 5-8 Mei. @tono

Peserta UN tingkat SMA dan  sederajat tahun ajaran 2013/2014 mencapai 2,7 juta siswa, sedangkan peserta UN SMP dan sederajat mencapai 2,9 juta peserta. Ujian Nasional 2014 untuk SMA dan sederajat akan diadakan pada 14 – 16 April, sedangkan jenjang SMP dan sederajat diadakan 5-8 Mei. (rusdy nurdiansyah)

 2,228 total views

LEAVE A REPLY