ISAFIS Adakan Talkshow “Total Diplomacy”

0
366

ISafis

depoktren.com – Kamis (27/2/2014) Indonesian Student Association for International Studies (ISAFIS) Mengadakan Inspirative Talkshow yang bertema Total Democracy “When Diplomacy is About Everybody”. Bertempat di Pusat Studi Jepang Universitas Indonesia dan sebagai pembicara ISAFIS menghadirkan pengagas Indonesia Mengajar, Anies Baswedan, Ph.D, musisi muda Indonesia Fadly “Padi”, dan Pangeran Siahaan, penulis dan kritikus sepak bola.

Talkshow ini mnegangkat isu tentang diplomasi dari berbagai aspek, baik pendidikan, musik, dan juga olahraga. Tujuan diadakan ini adalah sebagai rangkai acara ulang tahun ISAFIS yang ke-30 dan sekaligus menjalankan program Jakarta Youth Summit 2014.

Agung Wicaksono selaku Project Officer mengemukakan bahwa acara ini bertujuan agar para pemuda berkumpul dan dapat membangun masa depan dengan memahami birokrasi, karena menurutnya diplomasi adalah citra suatu bangsa.

Ineng Sakti, Ketua ISAFIS, juga menambahkan bahwaa dengan adanya talkshow ini dapat menjembatani permasalah-permasalahan diplomasi yang dirasa sudah sangat jauh untuk dibereskan namun pada hakikatnya itu sangatlah dekat dan mudah.

Berbeda dengan yang lain, Fadly “Padi” mengungkapkan bahwa musik dapat menjadi saran yang ampuh untuk masuk ke dalam diplomasi nternasional. Dengan cara memboomingkan seni musik dan memasukkan unsur-unsur nasionalisme ke dunia inyernasional.

Permasalahan diplomasi menurut Anies Baswedan terdapat pada sisi sumber daya manusia itu tersendiri. Ada 3 hal yang dinilai Anies harus ditingkatkan dari bangsa Indonesia adalah Kesadaran diri warga Indonesia untuk bangga akan negaranya, kedua, kepercayaan diri bangsa, kdan ketigaadalah Indonesia sangat berpotensi dalam segala hal asal kita mau melihat dari sudut pandang yang berbeda.

Dari kacamat Pangeran Siahaan, ia melihat bahwa olahraga juga sangat efektif untuk mengebambangkan diplomasi skala internasional.

(anbf)

 878 total views

LEAVE A REPLY