Pemkot Depok Bertekad Sukseskan Program Arboretum

0
388
Kabid Kebersihan DKP Depok, Rahmat Hidayat (kedua dari kanan) berfoto bersama dengan delegasi dari Universitas Darmastadt, Jerman beberapa waktu lalu. Mereka berminat menganalisa dan membuat riset tentang sistem pengelolaan sampah di Kota Depok, Jawa Barat (Jabar).
 Kabid Kebersihan DKP Depok, Rahmat Hidayat (kedua dari kanan) berfoto bersama dengan delegasi dari Universitas Darmastadt, Jerman beberapa waktu lalu. Mereka berminat menganalisa dan membuat riset tentang sistem pengelolaan sampah di Kota Depok, Jawa Barat (Jabar).

Kabid Kebersihan DKP Depok, Rahmat Hidayat (kedua dari kanan) berfoto bersama dengan delegasi dari Universitas Darmastadt, Jerman beberapa waktu lalu. Mereka berminat menganalisa dan membuat riset tentang sistem pengelolaan sampah di Kota Depok, Jawa Barat

depoktren.com-Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Pemerintah Kota (Pemkot) Depok mengungkapkan, pihaknya akan melakukan beberapa tindakan untuk menyukseskan program arboretum yaitu melakukan peningkatan pengelolaan sampah, peningkatan pengelolaan Tempat Pembuangan Akhir (TPA), dan peningkatan pengelolaan air limbah. Sehingga ruang terbuka hijau di Kota Depok dapat terwujud,” ujar Kepala DKP Zamrowi, pada acara forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang berlangsung di Wisma Hijau Cimanggis, Depok, Jumat (28/2)

Dalam forum ini, DKP membahas mengenai penanganan sampah yang berkelanjutan agar program arboretum yang ditargetkan Walikota Depok dapat berjalan. ”Selain itu, penanganan sampah akan dilakukan secara komprehensif yaitu dari hulu ke hilir. Sampah yang nantinya akan masuk ke TPA pun akan diproses terlebih dahulu serta dilakukan pemilahan lebih detail,” jelas Zamrowi.

Menurut Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Kebersihan DKP, Rahmat Hidayat, pihaknya juga akan berjuang menahan sampah yang masuk ke TPA. Sampah yang boleh masuk nantinya hanya sampah residu (sampah yang tidak bisa didaur ulang). Untuk target persentase sampah yang masuk hanya 20 persen saja.

”DKP juga akan menyusun jadwal pemilahan sampah serta pemungutan sampah. Sehingga diharapkan proses pengolahan sampah akan berjalan maksimal dan permasalahan sampah perlahan akan tuntas dan program unggulan Kota Depok yaitu Depok yang bersih dan hijau dapat tercapai,” tuturnya.

Pada acara forum OPD ini, dihadiri Direktorat Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum, Widya Ananta, OPD terkait, perwakilan Kelurahan dan Kecamatan sekitar, LSM, pemilik beberapa TPS di Kota Depok, komunitas hijau Kota Depok, serta beberapa sekolah yang mendapatkan penghargaan adiwiyata. @dewi

 3,406 total views

LEAVE A REPLY