Indonesia Minta PBB Tanggungjawab Konflik Ukraina-Rusia

0
462

rusia-ukraniadepoktren.com-Pemerintah Indonesia prihatin atas konflik yang terjadi di Ukraina. Pemerintah Indonesia meminta para pihak yang turut terlibat sengketa menahan diri agar tidak semakin memperkeruh keadaan.

“Dalam kaitan ini kita mendorong semua pihak untuk menahan diri dan untuk kedepankan penanganan krisis di Ukraina melalui jalan damai dan dengan cara yang menghormati hukum internasional dan sekali lagi prinsip-prinsip menghormati prinsip kedaulatan dan integritas negara,” ujar Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa di Istana Negara, Jakarta, Selasa (4/3).

Marty mengatakan pemerintah Indonesia juga menyerukan kepada Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk memikul tanggung jawab atas konflik Ukraina dengan memelihara perdamaian dunia.

“Kita menyerukan ke Dewan Keamanan PBB untuk pikul tanggung jawabnya sesuai piagam untuk memelihara perdamaian dan keamanan internasional,” ujarnya.

Namun demikian, pihaknya belum akan memanggil Dubes Rusia untuk mengonfirmasi kerusuhan di Ukraina. Marty mengaku pemerintah Indonesia baru sekadar menyerukan para pihak untuk menahan diri dan menyelesaikan kasus ini secara damai.

“Belum ada langkah ke sana, di samping langkah-langkah tadi, keprihatinan mendalam, penekanan terhadap perlu dijunjungnya dihormati prinsip kedaulatan dan integritas wilayah seruan agar seluruh pihak menahan diri, mengedepankan penyelesaian secara damai, menekankan ketaatan terhadap. Menyerukan ke Dewan Keamanan PBB untuk menjalankan misinya,” ujarnya. @tono

 899 total views

LEAVE A REPLY