Satlak PB Depok Tanggap Tangani Bencana

0
238
Satlak PB Depok memberi bantuan untuk korbang bencana di Subang. 25/1/14 Sumber foto: depok.go.id

 

Satlak PB Depok memberi bantuan untuk korbang bencana di Subang. 25/1/14 Sumber foto: depok.go.id
Satlak PB Depok memberi bantuan untuk korbang bencana di Subang. 25/1/14
Sumber foto: depok.go.id

Depoktren.com – Satuan Pelaksana Penanggulangan Bencana Depok (Satlak PB) bekerja dengan sangat tanggap dalam menangani masalah bencana, baik di tingkat lokat dan juga tingkat nasional. Walikota Depok, Nur Mahmudi, dalam keterangannya saat sosialisasi Gerakan Depok Peduli di Pop FM, D’Mall menyatakan bahwa Satlak PB Depok akan terus berupaya dan fokus dalam membantu korban bencana.

Satlak PB Depok yang didirikan sejak 2006 ini sudah membuat Gerakan Depok Peduli dan telah menjangkau beberapa titik daerah yang terkena bencana. Depok sendiri sedang berusaha menanggulangi masalah banjir yang akhir-akhirnya sering terjadi saat turunnya hujan.

Nur Mahmudi menerangkan bahwa seharusnya Depok tidak mungkin terkena banjir karena tanahnya tinggi, hal ini dapat terjadi jika penggelolaan sistem irigasinya baik. Ada 3 titik yang langganan didatangi oleh banjir di Depok, katanya. Pertama, di daerah Barat, yaitu daerah sekitar Pesanggrahan. Ia menilai perlu kali yang ada perlu dikeruk secara sitemik dan semua pihak, baik, kota, dan provinsi harus bekerja sama, karena ini adlaah program yang sangat panjang. Daerah lainnya yang juga sering dilanda banjir yaitu Bumi Sawangan Indah dan Sawangan Permai. Kedua, daerah ekcamatan Beji dan Pancoran Mas. Masih adanya beberapa warga yang tinggal di bantaran sungai juga menjadi salah satu masalah yang harus diselesaikan. Nur Mahmudi berharap mereka mau pindah, dan untuk rencana relokasi masih dalam proses pencarian lahan oleh Pemkot Depok. Yang ketiga, daerah Timur, yaitu Cimanggis dan Sukmajaya. Di daerah ini terdapat setu dan sungai yang dulunya merupakan sarana irigasi warga dan kini tidak lagi dirawat. Penguatan tanggul Kali Laya juga menjadi salah satu program pemerintah untuk menanggulangi banjir.

Pada tanggal 17 Januari 2014 lalu Satlak PB Depok membuka rekening untuk penanggulangan bencana. Hal ini direspon dengan sangat baik oleh warga. Uang yang terkumpul semakin hari semakin banyak dan dialokasikan kepada korban bencana. Tak hanya aparatur negara yang menyumbang, justru para pelajar di Depoklah yang paling banyak menyumbang. Para perlajar di Depok berhasil mengumpulkan 200 juta dari uang jajan mereka untuk membantu korban bencana.

Bagi masyarakat yang ingin ikut berparsipasi membantu korban bencana, dapat langsung mengirimkan donasinya ke Satuan Pelaksana Penanggulangan Bencana Kota Depok dengan rekening Bank Jabar Banten 0002376245100.

(anbf)

 707 total views

LEAVE A REPLY