KPUD Depok Siapkan 250 Tenaga Pelipat Suara Yang Dilaksanakan 3 Hari

0
172

foto KPUdepoktren.com-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok tengah menyiapkan tenaga pelipat surat suara untuk dipekerjakan melipat sebanyak 1.250.000 surat suara. Pekerjaan pelipatan akan dilaksanakan selama tiga hari, mulai Jum’at (7/2) hingga Minggu (9/2).

“Dibutuhkan sebanyak 250-300 orang untuk melipat surat suara sebanyak 1.260.000 lembar,” ujar Ketua KPU Depok, Titi Nurhayati usai Rapat Koordinasi Sosialisasi Persiapan dan Pemantapan Pemilu 2014, di Bumi Wiyata, Depok, 6/2).

Titik menjelaskan, upah untuk pelipat suara sudah ditentukan sebesar Rp.150 perlembarnya. Saat ini surat suara yang sudah dilipat sebanyak 33 ribu, dan sisanya akan dilakukan lagi pelipatan pada Jum’at hingga Minggu. “Surat suara yang dilipat hanya untuk DPRD Depok saja, sedangkan untuk DPRD provinsi dan DPR belum ada,” jelasnya.

Lanjut Titik, adapun mekanisme pembayaran tenaga pelipat surat suara disesuaikan dengan KPU Provinsi. Tenaga pelipat berasal dari masing-masing kecamatan yang direferensikan oleh PPK. KPU bertanggung jawab untuk pengawasan pelipatan surat suara.

‘Di KPU sudah disiapkan koordinator pelipatan surat suara, pengawas lapangan, pengarah dan penanggung jawab. Memang seperti itu, seperti PPK bisa jadi koordinator tenaga pelipat surat suara perwakilan dari masyarakat di kecamatan,” terang Titik.

Tenaga pelipat surat suara bisa saja diambil dari luar Depok, hal itu semata-mata kehati-hatian saja karena yang dilipat adalah surat suara DPRD Depok. ”Tetapi kebanyakan tenaga pelipat yang sudah masuk adalah orang Depok. Tidak ada masalah meskipun kita tidak tahu itu anaknya caleg atau bukan,” tuturnya.

Titik menegaskan, sedangkan anggaran pelipatan surat suara sebesar Rp.3,2 milyar, digunakan mulai dari pengamanan surat suara, distribusi, penarikan, pengelolaan, pengepakkan dan lainnya. ”Jadi anggaran itu bukan hanya untuk pelipatan suara saja, tetapi untuk proses semuanya,” tegas Titi.

Dipastikan Titik, okasi pelipatan surat suara steril dan tidak ada pihak lain yang bisa masuk sembarangan. ”Kita sudah siapkan polisi dilokasi itu, bagi yang ingin masuk ke tempat pelipatan surat suara harus menunjukkan identitas yang jelas, dan apa keperluannya,” tuturnya yang berharap surat suara untuk DPRD Provinsi dan DPR bisa secepatnya diterima sebelum 30 Maret 2014. @dewi

 477 total views

LEAVE A REPLY