Proses Pelipatan Surat Suara Dijaga Ketat Kepolisian

0
364

surat-suara-lipar-ilustrasi-antaradepoktren.com-Proses pelipatan surat suara Pemilu Legislatif 2014 di Gedung Balai Rakyat, Jalan Jawa, Beji, Depok dijaga ketat pihak keamanan dari kepolisian Polres Metro Depok dan keamanan yang direkrut Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Depok sejak Jumat (7/3) hingga Minggu (9/3).

Ketua KPU Depok, Titik Nurhayati menjelaskan, pekerjaan pelipatan akan dilaksanakan selama tiga hari, mulai Jum’at (7/3) hingga Minggu (9/3). Titik memastikan lokasi pelipatan surat suara steril dan tidak ada pihak lain yang bisa masuk sembarangan.

”Kita sudah siapkan polisi dilokasi itu, bagi yang ingin masuk ke tempat pelipatan surat suara harus menunjukkan identitas yang jelas, dan apa keperluannya,” ujar Titik yang mengungkapkan sebanyak 150 orang tenaga kerja yang direkrut KPUD Kota Depok mulai melaksanakan tugas pelipatan surat suara sejak pukul 08.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB.

Ditambahkan Titik, sebelum aktivitas pelipatan surat suara dilakukan, pihak KPU telah memberikan pengarahan kepada ratusan pekerja. Pengarahan itu meliputi tatacara pelipatan kertas hingga jumlah kertas suara per ikatnya. ”Kami juga telah sampaikan agar mereka dapat menjalankan tugasnya dengan baik serta mengikuti aturan yang ada. Namun yang terpenting, mereka harus bertanggungjawab terhadap kertas suara itu,” jelasnya.

Jika ada kertas suara yang rusak dan cetakannya bermasalah, katanya, itu nantinya dipisahan dan dibuat berita acaranya. Keberhasilan kami dalam menyelenggarakan pemilu nanti, tentu tak lepas dari kerja keras mereka para pekerja pelipat kertas surat suara,” pungkas Titik.

Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Depok, Sutarno bersama anggotanya turut memantau langsung aktivitas pelipatan surat suara yang jumlahnya mencapai satu juta lebih. ”Sepanjang pengawasan yang kami lakukan hingga saat ini masih berjalan lancar. Kami juga belum menemukan hal-hal yang krusial dalam pelipatan surat suara ini, namun memang ada sedikit kualitas cetakan yang kurang jelas,” tandas Sutarno. @dewi

 795 total views

LEAVE A REPLY