Walikota Depok Deklarasikan Depok Sampah

0
228
http://humasdepok.blogspot.com/
http://humasdepok.blogspot.com/
http://humasdepok.blogspot.com/

depoktren.com – Minggu, 9/3/14, bertempat di lapangan Kostrad Cilodong, Walikota Depok, Nur Mahmudi Isma’il, mendeklarikan Depok Peduli Sampah. Deklarasi tersebut diikiuti oleh Civitas Akademisi, Pelaku Usaha, Tokoh Agama, Organisasi Masyarakat, Camat, Lurah, LPM, RW dan RT se-Kota Depok. Deklarasi juga akan dihadiri oleh Walikota Depok, Wakil Walikota Depok, dan Sekretaris Derah Kota Depok, para Asisten dan Kepala OPD Kota Depok.

 Deklarasi ini merupakan komitmen dari seluruh elemen masyarakat untuk:

1.    Mengelola sampah yang dihasilkan oleh masyarakat dan dunia usaha agar tidak mencemari lingkungan hidup dan mengganggu kesehatan masyarakat;

2.    Mendorong peningkatan upaya pengelolaan sampah melalui pelaksanaan 3R (Reduce, Reuse, dan Recycle);

3.    Mendorong pembudayaan 3R pada seluruh masyarakat dalam mengelola sampah dimulai dari diri sendiri;

4.    Mengubah cara pandang masyarakat bahwa sampah bukanlah masalah akan tetapi sumber daya yang bermanfaat;

5.    Menurunkan timbulan sampah dengan target sampah terolah melalui 3R minimal sebesar 20% pada tahun 2020;

Seiring dengan pertambahan penduduk di Kota Depok, maka peningkatan aktivitas penduduk pun bertambah dan berdampak pula pada peningkatan jumlah timbulan sampah. Tak hanya itu, masih belum efektifnya upaya pengelolaan sampah yang dihasilkan oleh kegiatan rumah tangga dan dunia usaha, seperti (1) Masih rendahnya kesadaran untuk melaksanakan metode 3R; (2) Masih adanya kebiasaan membuang sampah sembarangan; dan (3) Masih tingginya kebiasaan memakai barang yang sulit terurai, juga akan menambah timbunan sampah di Kota Depok. Karena itu, deklarasi dilaksanakan sebagai komitmen “GERAKAN DEPOK PEDULI SAMPAH MENUJU MASYARAKAT BERBUDAYA REDUCE, REUSE & RECYCLE (3R) UNTUK KESEJAHTERAAN MASYARAKAT”.

(anbf)

 

 531 total views

LEAVE A REPLY