Kesbangpol Sampaikan Permintaan Maaf Pada Caleg PAN

0
613

bendera-pandepoktren.com-Terkait peredaran pamflet atau poster sosialisasi Pemilu Legislatif (pileg) 2014 yang tidak mencantumkan salah satu nama caleg DPRD Kota Depok daerah pemilihan (dapil) Kecamatan Cilodong-Tapos dalam daftar calon tetap (DCT) dari Partai Amanat Nasional (PAN), Drs Robino S Hutapea, pihak Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) berjanji menarik seluruh poster yang sudah beredar di masyarakat.

Selain itu, pihak Kantor Kesbangpol Kota Depok yang memproduksi poster itu, juga akan menerbitkan kembali poster yang sudah direvisi. “Sejak Senin (10/3), petugas kami sudah turun ke bawah untuk menarik semua poster dari masyarakat,” ujar Kepala Kantor Kesbangpol Kota Depok, Syafrizal kepada Ketua DPD PAN Kota Depok, Hasbullah Rahmad dan Caleg PAN dapil Cilodong-Tapos, Drs Robino S Hutapea, Selasa (11/3).

Menurut Syafrizal, kelalaian yang tidak mencantumkan nama caleg PAN pada dapil II Kecamatan Cilodong-Tapos itu, bukan unsur kesengajaan. Untuk itu, selain mencetak kembali poster yang baru, pihak Kesbangpol juga akan menyampaikan ralat dan permintaan maaf di media harian lokal selama dua hari berturut-turut.

Sementara itu, Caleg PAN dapil Kecamatan Cilodong-Tapos yang namanya tidak tercantum pada DCT yang diedarkan Kantor Kesbangpol, Drs Robino S Hutapea mengakui, menerima permintaan maaf dari Kantor Kesbangpol. Namun, dia meminta agar seluruh poster yang sudah beredar di semua dapil benar-benar ditarik dari semua wilayah.

“Sebagai manusia yang tak luput dari kesalahan, saya pribadi memaafkan kinerja dari pihak Kesbangpol. Namun, ini salah satu pembelajaran agar ke depan untuk lebih hati-hati menyebarkan informasi kepada masyarakat. Saya juga minta janji yang tepat untuk kembali menerbitkan poster sosialisasi pileg yang lengkap, sehingga masyarakat khususnya di Cilodong-Tapos dapat mengetahui DCT anggota DPRD di wilayahnya,” jelas Robino.

Menurut Robino, seperti yang sudah disampaikan Ketua DPD PAN Kota Depok, Hasbullah Rahmad kepada semua pengurus ranting dan pengurus cabang untuk tetap mengawasi peredaran poster yang salah. “Kami akan mengawasi di lapangan, jangan sampai ada lagi poster yang salah tetap beredar di tengah masyarakat,” tegasnya.

Dikatakan, dia juga meminta janji Kepala Kantor Kesbangpol Kota Depok, Syafrizal yang akan menyampaikan ralat dan permintaan maaf di media harian lokal. Sehingga, masyarakat di Kecamatan Cilodong-Tapos benar-benar mengetahui bahwa jumlah caleg PAN dapil 2 berjumlah 10 orang dan bukan 9 orang.

Ditambahkan, kesalahan cetak poster sosialisasi Pemilu Pileg tersebut juga sudah ditangani petugas panitia pengawas pemilu (Panwaslu) Kota Depok, Abdurahman dan Panwas Kecamatan Cilodong, Saadih.

Seperti diketahui, poster sosialisasi Pemilu Pileg tahun 2014 yang berisi DCT anggota DPRD Jabar VI dan DCT anggota DPRD Kota Depok yang diterbitkan Kantor Kesbangpol, tidak mencantumkan nama caleg Drs Robino S Hutapea pada nomor urut 10 di dapil II Kecamatan Cilodong-Tapos. @dewi

 1,193 total views

LEAVE A REPLY