Walikota Depok Hadiri Hari Bakti Rimbawan & Hari Hutan Internasional

0
217
antarafoto
antarafoto
antarafoto

depoktren.com – Walikota Depok H. Nur Mahmudi Isma’il hadir dalam penanaman pohon dalam rangka Hari Bakti Rimbawan dan Hari Hutan Internasional Tahun 2014 di Sepadan Sungai Cikupa, Cibinong Bogor, Rabu (12/3) . Kegiatan yang mengusung tema “Dengan Semangat Bakti Rimbawan, Kita Tingkatkan Soliditas Menuju Kehutanan Baru”, dihadiri oleh Sekjen Kementerian Kehutanan Hadi Daryanto, Bupati Bogor Rahmat Yasin, Duta Besar Moscow dan Norwegia, serta 100 undangan lainnya. Ketua Panitia melaporkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menggelorakan semangat gerakan penanaman pohon. Luas lahan untuk penanaman seluas 2 hektar dengan 1600 pohon yang terdiri dari 30 jenis, seperti mahoni dan gadaria. Dalam kegiatan ini juga akan diberikan 2000 bibit pohon secara gratis, bantuan program kebun bibit raya, dan pengobatan gratis, serta 400 paket sembako.

 

Bupati Bogor mengatakan, dengan kegiatan ini, kita tunjukan satu sikap terhadap upaya kita mencintai lingkungan. Karena, kita harus mengakui bahwa menanam pohon itu merupakan usaha kita untuk membayar hutang terhadap lingkungan. Mengapa demekian? Karena terkadang kita tidak sadar telah memetik ranting atau dahan bahkan daun dari sebuah pohon. Apalagi itu dilakukan secara masif dan tidak diimbangi dengan penanaman pohon. “Tanamlah pohon sebanyak-banyaknya supaya bisa memberikan keseimbangan bagi tanah dan air. Dengan kegiatan ini, Saya berharap kita tidak hanya menanam saja, tetapi juga menyiram dan memeliharanya hingga tumbuh menjadi sebuah pohon yang dapat menjadi penciptaan hutan baru” tutur Rahmat Yasin seraya menginformasikan, bahwa di Bogor sedang dibangun stadion olahraha bertaraf internasional seluas 60 Ha dan 8 Ha untuk hutan kota.

 

Walikota Depok menyatakan kegiatan ini sangat baik sekali bagi para rimbawan, yaitu orang-orang yang peduli pada kehutanan dan konservasi hutan. “Semoga kegiatan menanam ini akan menjadi semangat dan spirit dari warga bangsa Indonesia yang dapat terus meningkatkan arti penanaman dan konservasi hutan kita. Bukan hanya di wilayah yang terbuka seperti ini, tetapi di kawasan-kawasan perkotaan, hendaknya juga diperkuat secara sinergis untuk penananam” tutur Nur Mahmudi Isma’il menambahkan, Pemerintah Kota Depok telah mengungkapkan kepada Kementerian Kehutan untuk bersama-sama berkolaborasi membangun arboretum Indonesia di Kota Depok.

 

“Kementerian Kehutanan sangat antusis,kooperatif dan mendukung sekali, karena ini merupakan ekspresi kesungguhan dari komunitas Indonesia untuk betul-betul melakukan konservasi tanaman-tanaman yang ada di Indonesia. Apalagi ini dikerjakan disebuah kota, maka akan memotivasi banyak masyarakat kita untuk melakukan penanaman. Depok akan berinisiatif dan berkolaborasi dengan Kementerian Kehutan sebagai pakar tentang botani dengan melakukan penanaman berbagai jenis macam tanaman. Ada banyak sekali jenis tanaman di Indonesia, seperti ada 12 jeis meranti. Dan kita harus berupaya untuk mengetahui dan menanamnya di kota Depok, sehingga nantinya bisa dijadikan sebagai wahana edukatif” ungkap Pemimpin Kota Depok. (anbf)

 

 530 total views

LEAVE A REPLY