BLH Gencar Sosialisasikan Perluasan RTH

0
217
depok.go.id
depok.go.id
depok.go.id

 

depoktren.com – Sejak ditetapkan sebagai kotamadya sesuai UU Nomor 15 tahun 1999, Kota Depok, Jawa Barat telah berubah mengikuti dinamikanya. Pusat perbelanjaan, rumah toko (ruko), apartemen dan perumahan berdiri nyaris di setiap sudut kota.

Tak ayal, hal tersebut memaksa Pemkot Depok khususnya Badan Lingkungan Hidup (BLH) gencar melakukan sosialisasi maupun tindakan untuk memperluas Ruang Terbuka Hijau (RTH). Seperti yang dilakukan Kania Parwanti selaku Plt. Kepala Badan Lingkungan Hidup  saat ditemui di salah satu Radio swasta di Kota Depok pada Kamis (13/03/2014) pagi tadi.

RTH adalah ruangan yang terbuka tetapi ditanami oleh tanaman, baik tanaman berupa semak ataupun berupa pohon-pohon yang tinggi. Manfaat dari tanaman tersebut yaitu bisa menjadi pengatur iklim, menjadi penyumbang oksigen (supplier) bagi bumi dan dapat menyerap polutan yang dikeluarkan kendaraan bermotor.

Sosialisasi ini merupakan upaya nyata Pemkot Depok dalam mengatasi berbagai polemik mengenai RTH yang semakin sempit. “RTH sekarang ada 15,28%, kita punya target 30% untuk mencapai RTH yang imbang dengan jumlah penduduk dan bangunan yang ada di Kota Depok ini. Yang kita lakukan saat ini bagaimana memanfaatkan ruang yang tersisa dengan pengaturan upaya perencanaan, dalam hal ini perizinan pengawasan dan pengendalian,” tandas Kania.

Pemkot Depok akan mengawal pembangunan permukiman diwilayahnya agar ruang publik privat bisa bertambah. “Kalau untuk unit rumah, 60% untuk bangunan, 40% itu pekarangan rumah,” ujarnya.

Beliau berharap semua masyarakat Kota Depok ikut berperan dan berpartisipasi dalam menciptakan RTH dimulai dari rumah masing-masing lalu lingkungan sekitar serta ikut menjaga RTH yang sudah ada. Selain itu ada juga kegiatan menanam 30 ribu pohon lagi dalam rangka peringatan hari bumi yang sebentar lagi akan berlangsung. (anbf)

 

 438 total views

LEAVE A REPLY