Musrenbang Kota Depok 2014 Dalam Rangka Penyusunan RKPD Kota Depok Tahun 2015

0
252

IMG-20140313-WA0000

depoktren.com – Kamis, (13/3) Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kota Depok Tahun 2014 Dalam Rangka Penyusunan RKPD Kota Depok Tahun 2015 dilaksanakan di Wisma Kinasih, Tapos, Depok. Musyawarah Perencanaan Pembangunan ( Musrenbang) RKPD tingkat Kota merupakan forum antar pemangku kepentingan untuk menyelaraskan, mengklarifikasi, mempertajam dan menyepakati prioritas pembangunan dan program/ kegiatan daerah, yang telah diusulkan melalui Musrenbang RKPD di Kecamatan dan forum organisasi perangkat daerah. Hasil kesepakatan Musrenbang inilah yang menjadi dasar dalam penyusunan Rancangan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2015. Selanjutnya RKPD menjadi pedoman dalam menyusun Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Depok tahun 2015.Sesuai dengan undang-undang Nomor 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional menjelaskan sistem perencanaan pembangunan nasional adalah satu kesatuan tata cara perencanaan pembangunan dalam jangka panjang, jangka menengah, dan tahunan yang dilaksanakan oleh unsur penyelenggara negara dan masyarakat di tingkat Pusat dan Daerah yang bertujuan untuk mewujudkan koordinasi, integrasi, sinkroniasi dan sinergitas perencanaan pembangunan , baik antar pemangku kepentingan, antar daerah, antar ruang, antar waktu, antar fungsi Pemerintah maupun antara organisasi Pemerintahan.Maksud dan tujuan Musrenbang RKPD tingkat Kota adalah untuk penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan terhadap rancangan RKPD Kota yang mencakup :- kesepakatan arah kebijakan, prioritas, sasaran pembangunan Provinsi.- usulan program dan kegiatan yang telah disampaikan masyarakat kepada Pemerintah daerah pada musrenbang di Kecamatan, atau sebelum musrenbang Kota dilaksanakan.- Indikator kinerja program dan kegiatan prioritas Kota.- Prioritas pembangunan daerah serta program dan kegiatan prioritas daerah.- Penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan terhadap sinergi dengan RKP dan RKPD Provinsi.Musrenbang Kota tahun 2014 mengusung Tema: “Akselerasi Perncapaian Visi Kota Depok yang Makin Nyaman, Produktif, dan Demokratis”.

Turut hadir Walikota Depok H. Nur Mahmudi Isma’il, Msc, beserta Ibu Nur Azizah Tamhid, Ma,  Wakil Walikota Depok KH. Idris Abdul Somad, Ketua DPRD Rintis Yanto, MM, Sekretaris Daerah, Para Kepala OPD, Para Asisten, BKSP, Unsur Muspida, Instansi vertikal, Perwakilan Bappeda Provinsi Jawa Barat, Tokoh masyarakat dan hadirin lainnya.

Kepala Bappeda Kota Depok Drg. Hardiono, Sp. BM mengucapkan terimakasih dan memberikan penghargaan serta apresiasi kepada seluruh hadirin yang telah hadir dalam Musrenbang Kota Depok tahun 2014.( Musrenbang) RKPD tingkat Kota merupakan forum antar pemangku kepentingan untuk menyelaraskan, mengklarifikasi, mempertajam dan menyepakati prioritas pembangunan dan program/ kegiatan daerah, yang telah diusulkan melalui Musrenbang RKPD di Kecamatan dan forum organisasi perangkat daerah. Hasil kesepakatan Musrenbang inilah yang menjadi dasar dalam penyusunan Rancangan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2015. Selanjutnya RKPD menjadi pedoman dalam menyusun Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Depok tahun 2015.

Sambungnya, “Musrenbang tingkat Kota Depok dilaksanakan selama 2 hari 13-14 Maret 2014, terdiri dari 340 undangan, dari seluruh pemangku kepentingan, termasuk masyarakat, dan instansi vertikal, Pemerintah Daerah. Pembukaan dan Sidang Pleno dilaksanakan pada hari pertama, dan di hari ke 2 akan dilaksanakansidang pleno 2 dan hasil musrenbang” tuturnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Depok Rintis Yanto, MM mengatakan ” tahun ini adalah Kesempatan terakhirnya dapat terlibat dan berdiri di Musrenbang Kota Depok sebagai Ketua DPRD. Pada kesempatan terakhir, DPRD Kota Depok akan memberikan yang terbaik dalam merancang, membahas, dan menetapkan untuk anggaran  Kota Depok 2015 tahun. Hal ini semata-mata memberikan yang terbaik bagi masyarakat Kota Depok. Beliau juga memberikan masukan kepada Pemerintah Kota Depok untuk lebih baik lagi terutama mencapai target-target misalnya dalam bidang pendidikan, pembangunan SMA di Depok dan bidang lainnya. Jadikan pendidikan sebagai prioritas utama dalam penyusunan RKPD tahun 2015. Rintis juga berpesan agar penyusunan musrenbang harus selaras dengan RPJMD, Kepala OPD harus merealisasi target-target yang sudah di susun, demi kepentingan masyarakat Kota Depok.

Walikota Depok H. Nur Mahmudi Isma’il, MSc, dalam sambutannya mengatakan ” acara ini merupakan rangkaian dari proses penyelenggaraan Pemerintah, proses perencanaan pembangunan Kota Depok, sebagai manifestasi dari pembangunan nasional. Setelah melalui perencanaan dari tingkat Kelurahan, Kecamatan, OPD, dan saat ini, saudara-saudara di undang dalam Musrenbang tingkat Kota. Terimakasih atas saran yang diberikan oleh DPRD Kota Depok agar kita, Pemerintah Kota agar menyelesaikan apa-apa yang belum tercapai dalam terget, demi kepentingan masyarakat. Kita akan berupaya agar merealisasikan apa yang direncanakan pada Musrenbang tahun 2014 dan kita akan berusaha secara optimal direalisasikan pada tahun 2015″, tuturnya.

Nur Mahmudi Isma’il juga menginformasikan bahwa, sekolah di Kota Depok yang mempunyai lahan dapat segera mengusulkan bantuan penambahan ruang kelas baru, ke Pemerintah Kota Depok. “Hal ini ditujukan agar menambah ruang kelas baru di Kota Depok, agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat agar anaknya dapat tertampung di Sekolah di Kota Depok. Menyambung saran dari Ketua DPRD Kota Depok, marilah bersama-sama memprioritaskan bidang pendidikan di Kota Depok, demi menghasilkan anak-anak didik, generasi muda yang unggul. Kita akan memperbaiki kinerja dan pencapaian target di tahun 2015 mendatang di segala bidan”, tuturnya.

“Terkait BPJS, kami terus berusaha mengkomunikasikan dan mengajak RS. Swasta yang ada di Kota Depok agar mau melakukan kerjasama, agar masyarakat anggota BPJS diterima di RS tersebut, kami juga sedang mengupayakan lahan-lahan untuk ruang terbuka hijau di Kota Depok, rencananya di sekitar Bumi Wiyata, dan lahan RRI, akan segera difikirkan, dikomunikasikan, dengan pihak-pihak terkait.Setelah secara resmi membuka musrenbang Kota tahun 2014 untuk RKPD 2015, Walikota mengucapkan selamat merumuskan RKPD dan menjalani sidang pleno, semoga dapat menghasilkan rumusan, rumusan terbaik, demi kepentingan masyarakat Kota Depok, dan demi Pembangunan Kota kita tercinta” tuturnya. (anbf)

 754 total views

LEAVE A REPLY