Pemuda Asal Ukraina Terlantar di UI

0
280
vivanews.com
vivanews.com
vivanews.com

depoktren.com – Pavlo Osoka, pemuda 20 tahun, berkebangsaan Ukraina tertangkap tengah berkeliaran di lingkungan Universitas Indonesia (UI) Depok tanpa izin yang jelas. Dia terancam dideportasi pihak Imigrasi. Pavlo, sudah sepekan berada di lingkungan UI, dan kerap tidur di sembarang tempat.

Demikian dikatakan Humas Imigrasi Depok, Cakra Trinata pada wartawan, Kamis 13 Maret 2014. Untuk sementara waktu, pemuda berkulit putih itu kini mendekam di ruang tahanan khusus Imigrasi Depok.

“Kami sedang menunggu hasil koordinasi dengan pihak Duta Besar Ukraina. Mereka sedang mencari tahu keluarga Pavlo. Karena di negara sedang ada konflik, untuk saat ini mungkin agak kesulitan memulangkannya. Tapi kita lihat nanti, karena yang urus Dubes Ukraina,” ujar Cakra.

Pavlo, lanjut Cakra, tidak memiliki kerjaan tetap di negara ini. Ia datang ke Indonesia setelah diajak sang kekasih. Namun, masalahnya jadi rumit, lantaran pihak orang tua sang pacar keberatan menanggung beban hidup Pavlo.

“Iya selama ini semuanya ditanggung keluarga si pacar. Akhirnya mereka putus. Nah, si Pavlo ini mulai binggung tinggal di mana. Dia tidak punya uang sehingga tidur di mana-mana. Kadang tidur di kantin UI,” kata Cakra.

Cakra menjelaskan, sesuai regulasi yang ada, bila negara mereka tidak bisa memulangkan Pavlo maka akan dibawa ke Rumah Ditensi Imigrasi (Rudemin) Cengkareng.

Pavlo dianggap melanggar Undang-undang Keimigrasian No.6 tahun 2011 71 (a) “memberikan keterangan yang diperlukan mengenai identitas diri atau kelurga serta melaporkan setiap perubahan status sipil, kewarganegaraan, pekerjaan, penjamin atau perubahan alamat kepada kantor imigrasi setempat,” kata Cakra.(anbf)

 542 total views

LEAVE A REPLY