Lampu Merah Simpang ARH-Ramanda Mati Sebabkan Macet

0
609

macet lalindepoktren.com-Matinya lampu merah simpang Jalan Arif Rahman Hakim (ARH)-Ramanda  mengakibatkan arus lalu lintas macet. Matinya lampu disebabkan korsleting akibat tersambar petir. Sehingga tiga lampu merah yang ada tidak berfungsi mulai dari arah Jalan ARH menuju Terminal Depok, dari Terminal Depok menuju Jakarta dan dari arah Jakarta menuju Terminal Depok.

Kasat Lantas Polresta Depok Kompol Kristanto Yoga mengatakan, lampu merah mati sejak pukul 14.30 WIB. Sehingga lampu tidak berfungsi. Pihaknya mengaku sudah menghubungi teknisi untuk mengetahui detil kerusakan. “Memang lampu mati karena tersambar petir siang tadi. Jadi tiga lampu yang ada mati total,” kata Kris.

Untuk mengatasi kepadatan lalu lintas, pihaknya menerjunkan tiga personil di tiap ruas arah jalan. Namun pada jam peak hour, personil ditambah menjadi enam orang. Pengaturan dilakukan berdasarkan skala prioritas. “Kita lihat yang lebih padat. Itu yang didahulukan. Prinsipnya kita utamakan kepadatannya,” tukas Kris.

Skala prioritas yang dimaksud, kata dia, arus lalu lintas yang terhitung padat. Terutama yang di ruas Jalan Margonda. “Baik yang menuju terminal Depok atau arah sebaliknya. Karena Jalan Margonda memang prioritas,” paparnya.

Yang kedua, pihaknya melihat panjang kemacetan. Ketika ekor kemacetan di salah satu jalur terlihat panjang maka petugas memberikan kesempatan para pengendara untuk melaju. Rekayasa itu dilakukan bergantian pada ruas jalan yang mengalami kemacetan cukup panjang. “Tujuannya kan agar tidak ada kemacetan panjang. Kalau di ruas Margonda sudah tidak padat maka akah dilaihkan (laju kendaraan) di arah yang padat,” jelas Kris.

Kris berharap perbaikan lampu ini bisa segera dilakukan. Sehingga tidak terjadi kepadatan panjang, terutama pada peak hour. Mengingat ruas Jalan Margonda di kedua arah selalu terpantau padat. Pantauan sore hari ini, kendaraan terlihat padat di Jalan Margonda di kedua arah. Karena lampu tidak berfungsi, ada saja pengendara yang menyerobot jalur.

Sekretaris Dinas Perhubungan Kota Depok, Nasrun ZA mengaku sudah mengetahui kerusakan tersebut. Namun pihaknya belum tahu secara detil kerusakan ada di bagian mana. “Iya kami sudah tahu dan kami sudah hubungi teknisi juga,” tegas Nasrun. @tono/desf

 1,087 total views

LEAVE A REPLY