Usia Tua, Angkot di Depok Harus Pensiun

0
164

angkot

depoktren.com – Ribuan angkutan umum di Kota Depok, Jawa Barat, usianya sudah tua dan tak layak beroperasi. Data Dinas Perhubungan Kota Depok menyebutkan setengah dari 7.504 unit angkutan yang beroperasi di Kota Depok segera dipensiunkan

Kepala Bidang Angkutan Dinas Perhubungan Kota Depok Anton Topani Mucharram mengatakan hal itu di Depok, Minggu (16/3/2014). “Ya, ada sekitar 50% angkutan umum yang beroperasi di Kota Depok usianya sudah tua dan tidak layak beroperasi,“ kata Anton,

Bahkan, Anton mengaku jika masalah kemacetan di Depok, tidak terlepas dari buruknya pelayanan transportasi angkutan umum.Jumlah angkutan yang beroperasi di Depok ada 7.504 unit dengan trayek 40 titik.

Terdiri 2.884 unit angkutan yang izin trayeknya dikeluarkan oleh Dinas Perhubungan Kota Depok dan 3.620 unit angkutan yang izin trayeknya di keluarkan Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat. “ Setengahnyalah pensiun,“ ujarnya.

Menurutnya, keberadaan angkutan kini mulai tergeser oleh banyaknya kendaraan pribadi. Laju pertumbuhan kendaraan pribadi melonjak tajam. Dikatakannya, perlu pembenahan secara menyeluruh jika angkutan ingin bertahan lebih lama. Salah satunya dengan melakukan peremajaan armada.

“Usia angkutan sudah 10 tahun lebih. Mengacu kepada Peraturan Wali Kota Depok No: 02 Tahun 2012 tentang penyelenggaraan perhubungan merujuk UU No: 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas, jika usia angkutan 10 tahun harus diremajakan. “ papar Anton. (anbf)

 426 total views

LEAVE A REPLY