BLH: Jadikan Earth Hour Momentum Pelestarian Lingkungan

0
183

earth-hour

 

depoktren.com – Dalam rangka menyambut acara Earth Hour yang puncaknya berlangsung pada 29 Maret mendatang, Badan Lingkungan Hidup (BLH) bersama beberapa komunitas bekerja sama dalam mensosialisasikan peringatan tersebut.

Earth Hour merupakan kampanye inisiasi publik, menyatukan masyarakat dari seluruh dunia untuk merayakan komitmen gaya hidup hemat energi dengan cara mematikan lampu dan alat elektronik yang sedang tidak dipakai selama 1 (satu) jam. Di tahun ke-6 di Indonesia, Earth hour 2014 akan diselenggarakan pada 29 Maret 2014, pukul 20.30-21.30 waktu setempat.

Earth hour sering diartikan sebagai aksi mematikan lampu selama satu jam yang bertujuan menghemat energi karena sekecil apapun aksi yang kita lakukan, akan berdampak besar jika dilakukan bersama-sama. Namun peringatan dunia ini menurut Plt. Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kania Parwanti, bukan hanya sekedar melakukan aksi mematikan lampu tetapi juga menjaga serta melestarikan lingkungan.

Saat ditemui kemarin, Mantan Sekretaris Dinas Kebersihan dan Pertamanan tersebut menjelaskan bahwa pihaknya merangkul komunitas yang juga peduli terhadap lingkungan untuk bersama-sama melakukan kegiatan mengenai pengelolaan lingkungan. “Rencananya 29 maret nanti kami akan menanam pohon di Lembah Gurame Depok I dengan mengundang anak sekolah kemudian mereka akan diberikan pembekalan bagaimana memilah sampah yang baik dan benar,” tandas Kania.

Acara earth hour nanti sekaligus dijadikan momentum oleh BLH untuk mengajak  masyarakat berperan serta dalam mencintai dan melestarikan lingkungan. Dengan begitu, diharapkan mereka akan menciptakan Ruang Terbuka Hijau (RTH) dilingkungan rumah masing-masing. (anbf)

 

 440 total views

LEAVE A REPLY