Para Caleg dan Parpol Dihimbau Tidak Pasang APK di Pohon

0
779

poster di pohondepoktren.com-Kepala Pelaksana Tugas (PLT), Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Depok, Kania Parwanti menghimbau kepada para calon legislatif (caleg) dan partai politik (parpol) agar menghentikan pemasangan APK yang merusak lingkungan dan keindahan kota.

”Pemasangan APK di pohon merusak lingkungan selain itu juga dapat mengurangi keindahan dan kebersihan kota. Pemasangan APK di pepohonan jelas merusak lingkungan, saya harap hal tersebut dapat dihentikan,” ujar Kania di Balaikota Depok, Rabu (19/3).

Dijelaskan Kania, pemasangan APK di pepohonan melanggar Perda Nomor 3 Tahun 2013 tentang pedoman dan pengelolaan lingkungan hidup, yaitu tidak boleh memasang apapun di pohon. Mengenai Perda tersebut, saat ini pihak BLH akan lebih intens menyosialisasikan ke kecamatan dan diharapkan kecamatan akan menyosialisasikannya kembali ke tingkat kelurahan.

”Pelanggaran Perda tersebut dendanya sama dengan membuang sampah sembarangan 50 juta atau kurungan tiga bulan penjara,” ungkap Kania.

Kania berencana akan melakukan razia untuk mencopot semua APK yang menempel di pohon-pohon. Alasannya, selain melanggar Perda Kota Depok Nomor 3 Tahun 2013 pemasangan APK di pohon juga melanggarkan peraturan KPU Nomor 15 Tahun 2013 pasal 17. Dalam aturan itu APK tidak boleh ditempatkan di rumah ibadah, rumah sakit, gedung pelayanan kesehatan, gedung pemerintah, sekolah, jalan protokol, sarana dan prasarana publik, taman dan pepohonan.

”Seperti yang sering terlihat, kampanye para caleg dan parpol menjelang Pemilu ternyata masih tidak bersahabat dengan lingkungan. Buktinya, pohon masih dijadikan tempat untuk memajang alat peraga para caleg. Pohon tidak hanya dipaku, tapi juga diikat dan dibuat rusak,” tandas Kania yang miris dengan prilaku para caleg yang merupakan calon pemimpin bangsa ini. @dewi/desf

 1,499 total views

LEAVE A REPLY