BEM FIB UI Anggap Posko Mahasiswa Rantau Kacaukan DPT

0
329

fib ui

 

depoktren.com – Program Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Indonesia dalam mensukseskan Pemilu 2014 menuai beberapa kritik dari kalangan sesama sivitas akademisi lainnya. Pasalnya, beberapa BEM fakultas di UI memberikan respon tidak mendukung program ini seperti BEM Fakultas Hukum dan BEM Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya.

Seperti yang dilansir dari twitter @BEMFIBUI pada 19/3/2014 dituliskan bahwa BEM FIB UI tidak mendukung akan adanya program tersebut dengan beberapa alasan, antara lain:

Pertama, para mahasiwa daerah hanya dapat menggunakan suaranya untuk memilih calon anggota legislatif daerah pemilihan Depok. Perlu diluruskan bahwa yang dipilih bukan calon anggota legislatif DPT asal, melainkan caleg tempat penggunaan hak suara dilakukan.

Kedua, adalah Suara dari pemilih di luar daerah pemilihan Depok berpotensi mengacaukan peta konstituen Depok yang sudah didaftar oleh KPU. Peta konstituen yang kacau dapat menyebabkan penggelembungan suara secara tidak langsung yang menguntungkan salah satu pihak.

Ketiga adalah fiksasi nama DPS pemindahan dapil baru diumumkan pada tanggal 31 Maret 2014. Maka pemilih yang berasal dari rantau hanya mengenal profil caleg Depok selama 9 hari sebelum Pemilu diselenggarakan. Dalam programnya BEM UI tidak memberikan pencerdasan mengenai profil calon dan latar belakang calon legislatif. Dikhawatirkan hal ini akan memicu munculnya pemilih irrasional.

Keempat mahasiswa daerah hanya diberi waktu 3 hari selama posko dibuka pada tanggal 19, 20, dan 21 Maret 2014. Jeda waktu yang singkat menyebabkan tekanan secara tidak langsung bagi calon pemilih dari daerah untuk memutuskan apakah akan memilih di DPT asalnya atau memilih di TPS Depok.

Posko Mahasiswa Rantau ini adalah gagasan BEM UI untuk mengadvokasi mahasiswa daerah agar dapat memilih saat pemilu legislatif. Sehingga mahasiswa daerah dapat menggunakan hak suaranya di Depok tanpa harus pulang ke kampung halaman. BEM FIB UI menyatakan sikap untuk tidak berpartisipasi dalam bagian program BEM UI kali ini. Namun bagi mahasiswa yang ingin tetap mengikuti program ini, mereka tetap dapat mendaftarkan diri di posko BEM UI yang disiapkan di FIB UI pada tanggal 19, 20, dan 21 Maret 2014. (anbf)

 714 total views

LEAVE A REPLY