Keberadaan Tol di Depok Buat Pertumbuhan Ekonomi Meningkat

0
397

Tol Cijagodepoktren.com-Wali Kota Depok, Nur Mahmudi Ismail menyatakan, dampak pembangunan Jalan Tol di Depok membuat pertumbuhan ekonomi di Depok melesat cepat. Pembangunan Jalan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) Seksi I yang telah beropresai terbukti telah membuat pertumbuhan ekonomi di Depok melesat tinggi. Terutama di wilayah Cimanggis, Sukmajaya, dan Cilodong.

”Indek Pembangunan Manusia (IPM) Kota Depok tahun 2013 tertinggi di Jabar yakni sebesar 7,2. Nilai IPM itu juga melebihi IPM nasional yang mencapai 6,2. Ini terjadi juga berkat kolaborasi antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah,”ujar Nur Mahmudi pada acara pencanangan dimulainya pembangunan Jalan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) Seksi II yang terbentang dari Jalan Raya Bogor-Margonda-Kukusan, di Jalan Juanda, Depok, Jawa Barat (Jabar), Kamis (20/3). .

Menurut Nur Mahmudi, pembanngunan jalan tol sangat perlu sebagai unsur pendukung kemajuan Kota di Depok. ”Rencananya Depok akan dilintasi empat jalan tol selain tol Cijago yakni Tol Depok-Antasari (Desari), Tol Cinere-Serpong dan Tol Cimanggis-Cibutung,” ungkapnya.

Nur Mahmudi melanjutkan, berdasarkan pengalaman pembangunan Jalan Tol Cijago seksi I yang mulai dioprasikan pada 2013 mampu membuat pertumbuhan ekonomi Kota meningkat. Dengan pembangunan Jalan Tol Cijago seksi II ini diharapkan juga akan memberikan dampak positif bagi Kota Depok, baik dari bidang perdagangan jasa, dan bidang lainnya. Meskipun terkadang sedikit mengalami hambatan dalam pembebasan lahan.

”Kami terus berupaya agar mengkomunikasikan dengan tepat kepada masyarakat, dan memusyawarahkan dengan masyarakat untuk mendapatkan titik temu. Kami pasti membebaskan lahan pada pemilik resmi, dan melakukan semuanya sesuai dengan tata aturan dan prosedur yang berlaku,” tutur Nur Mahmudi,

Untuk mendukung pembangunan tol, lanjutnya lagi, demi pelayanan kepada masyarakat maka Pemkot Depok juga membangun Terminal Jatijajar tipe A. Pihaknya juga berkoordinasi dengan Kementerian PU dalam pembangunan terminal itu terkait pembangunan jalan menuju Tol Jagorawi.

”Pembangunan jalan Tol Cijago Seksi II sebagai salah satu unsur penguat percepatan pembangunan. Kami juga berharap dapat dibuatkan terowongan di bawah Jalan Margonda sehingga arus lalulintas menjadi lancar dan menjadi potensi pariwisata baru,” pungkasnya. @dewi/desf

 1,978 total views

LEAVE A REPLY