UKM Kota Depok Belum Siap Hadapi AFTA 2015

0
332

depoktren.com – ASEAN Free Trade Area atau AFTA 2015 sudah di depan mat. Namun UKM Kota Depok sepertinya belum sanggup bersaing di dalamnya. Para pelaku usaka kecil dan menengah ini belum melihat secara signifikan peran pemerintah dalam mendukung mereka dalam hal tersebut.

“Pelaku UKM masih kedodoran dalam menghadapi AFTA nanti. Sebab hingga saat ini belum ada insentif yang ditujukan untuk UKM menghadapi AFTA. Bahasa gaulnya masih cenat-cenut,” kata Ketua UKM Center Kota Depok, Santoso, Rabu (19/3/14).

Menurut Santoso, produk luar masih merajai pasar kita. Budaya masyarakat yang konsumtif mengantarkan mereka pada hal-hal yang sifatnya lebih dapat mereka jangkau, dalam hal ini adalah masalah harga. Contoh saja sandal buatan China yang harganya lebih murah dari sandal buatan lokal.

Saat ini tercatat bahwa anggota UKM Center Kota Depok sebanyak 500 wirausaha, namun diprediksi mereka akan sangat kepayahan dalam menghadapi produk-produk negara ASEAN ke depannya.

“Untuk mendukung pelaku UKM maka pemerintah dapat memberikan insentif.. Baik itu pengurangan bea masuk bahan baku impor, insentif biaya pembuatan izin Industri Rumah Tangga, sertifikasi halal serta perizinan. Biaya semua itu kan masuh dalam belanja modal,” paparnya. (anbf)

 

 631 total views

LEAVE A REPLY