Dari PPPA Daarul Qur’an Untuk Dunia Islam

0
650

ym

depoktren.com – Sudah beberapa hari ini Syahrul melihat ada yang berbeda di beberapa pusat perbelanjaan di Bogor. Pengusaha Kuliner yang terkenal dengan Nasi Timbel-nya ini melihat hampir di setiap mall ada gerai sedekah PPPA Daarul Qur’an. Syahrul hanya tahu sekilas bahwa PPPA Daarul Qur’an adalah lembaga binaan Ustadz Yusuf Mansur. Karena penasaran, di sebuah kesempatan weekend bersama keluarga, Syahrul menyempatkan diri untuk bertanya lebih jauh tentang PPPA Daarul Qur’an kepada Mas Fahru, Divisi Fundraising yang bertugas di gerai food court Bellanova Mall.

“Assalamualaikum,” sapa Syahrul.

“Waalaikumussalam, warahmatullah, wabarakaatuh. Saya Fahru dari PPPA Daarul Qur’an. Ada yang bisa kami bantu?” Mas Fahru menyambut hangat kedatangan Syahrul.

“Saya Syahrul. Mau nanya-nanya dikit. Apa benar ini PPPA Daarul Qur’an Ustadz Yusuf Mansur? Saya memperhatikan gerainya tersebar di beberapa mall di Bogor. Jadi penasaran dengan programnya.”

“Oh benar sekali. PPPA Daarul Qur’an adalah lembaga pengelola sedekah yang dibina oleh Ustadz Yusuf Mansur. Nah, untuk memudahkan jamaah dalam menyalurkan infaq dan sedekahnya, selain di kantor-kantor cabang, kami juga menjemput bola. Semakin mendekat ke jamaah. Salah satunya dengan membuka gerai di pusat-pusat perbelanjaan. Jadi, sedekah akan semakin mudah.”

“Wah, subhanallah. Luar biasa sekali. Mengajak kepada kebaikan dengan cara yang cerdas. Saya sih tahu sekilas tentang PPPA Daarul Qur’an. Bisa nggak Mas Fahru ceritakan seperti apa dan bagaimana PPPA Daarul Qur’an.”

“PPPA Daarul Qur’an atau lengkapnya Program Pembibitan Penghafal Al-Quran Daarul Qur’an, awalnya adalah laboratorium sedekah jamaah Wisatahati. Dimulai tahun 2003, Ustadz Yusuf Mansur mengasuh 8 anak yatim dan dhuafa yang disekolahkan dan dijadikan partner dalam menghafal Al-Quran, shalat berjamaah, shalat malam, dan shalat dhuha. Semakin hari jumlah santri semakin bertambah, sehingga sudah saatnya memulai pembangunan Pondok Pesantren.

“Seiring berjalannya waktu, PPPA Daarul Qur’an semakin berkembang dan terus mengalami pertumbuhan. Karenanya, PPPA Daarul Qur’an terus berbenah sehingga menjadi lembaga pengelola sedekah independen yang dikelola secara profesional dan transparan. Tahun 2006, bertempat di Balai Sarbini, PPPA Daarul Qur’an diikrarkan. Sepuluh bulan kemudian, tepatnya 11 Mei 2007, PPPA Daarul Qur’an dikukuhkan melalui akte notaris dan resmi dibawah naungan Yayasan Daarul Qur’an Nusantara. Dengan berbagai program yang digulirkan, PPPA Daarul Qur’an telah memiliki ribuan santri binaan, lembaga pendidikan baik dalam naungan maupun dalam koordinasi.

“Alhamdulillah, secara nasional PPPA Daarul Qur’an turut serta berperan aktif dalam membangun bangsa melalui jalur pendidikan dengan dibangunnya Pesantren Tahfidz Daarul Qur’an Ketapang Tangerang, Pesantren Tahfidz Cikarang Bekasi, Pesantren Tahfidz Semarang, Lampung, dan beberapa pesantren lainnya yang sedang dikembangkan di berbagai daerah di Nusantara tercinta ini. Selain Pesantren, kami juga mengembangkan Rumah Tahfizh yang tersebar di seluruh Nusantara. Dalam taraf internasional, PPPA Daarul Qur’an juga membangun Rumah-rumah Tahfidz di Afrika Selatan, Jepang, Hongkong, bahkan saat ini PPPA Daarul Qur’an juga sedang membangun gedung tahfizd di Jalur Gaza, Palestina.”

Syahrul memperhatikan penjelasan Mas Fahru dengan seksama. Sesekali ia juga mencuri pandang pada display audio visual yang menampilkan kegiatan santri.

“Wah, banyak sekali ya program PPPA Daarul Qur’an.”

“Alhamdulillah. Mohon doa Bapak, semoga kami bisa terus istiqomah dalam mengemban amanah ini.”

“Kalau program gerai sedekah di mall ini langsung dari PPPA yang di Tangerang atau bagaimana?”

“Gerai sedekah ini adalah bagian dari layanan PPPA Daarul Qur’an kantor cabang Bogor yang membawahi wilayah Bogor Cianjur Sukabumi. Atau kerap disingkat Bocimi. Kantor cabang Bogor sendiri berada di Jalan Pandu Raya No 140 Bantarjati, Bogor. Kalau Bapak ingin mendapat informasi teraktual bisa menghubungi kami di line sms 081380303380, atau line telpon (0251)835 4515. Bisa juga invite BB kami dengan pin 283CBAFE. Bapak juga bisa mengakses informasi kami di www.pppa.or.id. Di Bogor sendiri kami mengelola puluhan Rumah Tahfizh bekerjasama dengan masyarakat luas.”

“PPPA Daarul Qur’an kan tempat kita sedekah ya. Apa nilai lebih kita sedekah di PPPA Daarul Qur’an dibanding dengan tempat lain?”

“Wah, pertanyaan berat nih, Pak. Hehehe. Seperti yang saya ceritakan panjang lebar tadi, intinya kami, PPPA Daarul Qur’an konsentrasi pada program pemuliaan Al-Qur’an. Tepatnya tahfizhul Qur’an. Ada banyak sekali program infak dan sedekah kami yang mengarah langsung kepada pendidikan Al-Qur’an. Dimulai dari sedekah mushaf untuk pengadaan mushaf bagi santri dan masyarakat luas. Sedekah makan santri untuk santri yang kami bina baik di pesantren maupun rumah tahfizh. Tentunya, ketika Bapak ikut sedekah ke PPPA Daarul Qur’an, maka Bapak sudah ikut membangun generasi “keluarga Allah”. Karena seperti disebutkan dalam sebuah hadits, bahwa para penghafal Al-Qur’an adalah keluarga Allah dan orang-orang terdekat-Nya. Setiap mushaf yang Bapak sumbang, maka ketika santri membacanya, Bapak akan mendapat ganjaran pahalanya. Ketika santrinya kelak menjadi penghafal Al-Qur’an tentulah Bapak mempunyai saham besar yang akan Bapak terima ganjarannya baik di dunia maupun di akhirat kelak.”

Syahrul manggut-manggut. Ia pun merogoh sakunya. Membuka dompet lalu mengangsurkan beberapa lembar uang rupiah pecahan seratus ribu.

“Ini sebagai tanda terima kasih saya atas perkenalan yang sangat berkah dengan PPPA Daarul Qur’an. InsyaAllah ke depan, saya berkomitmen untuk menyalurkan sedekah, infak, juga zakat perusahaan kami melalui PPPA Daarul Qur’an.”

Hari itu adalah hari yang sangat berkesan bagi Syahrul. Teriring doa dari segenap penghuni langit dan bumi, semoga PPPA Daarul Qur’an terus berkembang. Memberi kontribusi sebesar-besarnya bagi dunia Islam. Amiin.

Lantunan surah Al-Baqarah ayat 261 mengalun lembut. “Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Maha Luas (karunianya) lagi Maha Mengetahui.” (anbf/Lukmanul Hakim)

 

Program Pembibitan Penghafal Al-Qur’an Daarul Qur’an Cabang Bogor Cianjur Sukabumi

Kantor: Jl. Pandu Raya No 140 Bantarjati, Bogor

Call Center: 0251 – 8322 355 Pin BB : 30B8BAED

SMS Center: 081380303380 Layanan Konseling: Pin BB: 26670687

Website: http://pppa.or.id.

Rekening Donasi:

BCA 603 0750 444

Bank Mandiri 128 000 603 0842

BSM 7011 087 277

BTN 00288 0130 00000 17

a.n Yayasan Daarul Quran Nusantara

 

 

 

 

 1,779 total views

LEAVE A REPLY