POGI Tak Rekomendasikan Persalinan dengan Teknik Water Birth

0
383
detikhealth
detikhealth
detikhealth

depoktren.com – Saat ini sudah ramai berbagai macam teknik untuk melahirkan, salah satunya adalah teknik water birth. Water birth adalah teknik melahirkan di dalam air yang katanya dipercaya dapat mengurangi rasa saat saat proses malhirkan. Namun para ilmuan Amerika Serikat justru memandang bahwa teknik ini akan membahayakan bayi yang akan lahir.

 Terdapat sebuah penelitian yang memberikah hasil bahwa 12 persen bayi yang dilahirkan melalui teknik ini akan memerlukan perawatan khusus. Dengan artian, bayi akan mendapatkan risiko yang lebih besar. Selaind ari itu, perlu diperhatikan tentang kehigeinisan air yang digunakan saat proses melahirkan. karena para ilmuan menemukan beberapa laporan yang mengaitkan water birth dengan infeksi yang berasald ari air kotro, pendarahan serius, maupun gangguan pernapasan pada bayi.

“Meski belum ada bukti juga bahwa water birth berbahaya, dokter kandungan di AS mewaspadai dan menginginkan penelitian yang lebih berkualitas sebelum mereka memastikan metode ini benar-benar aman,” kata Linda Geddes, penulis buku kehamilan Bumpology, seperti dikutip dari DailyMail, Jumat (21/3/2014).

Popularitas water birth belakangan ini meningkat di berbagai negara, termasuk di Inggris. Diperkirakan 1 dari 100 perempuan masa kini pernah menggunakan teknik water birth saat melahirkan, sedangkan di Inggris sendiri angkanya mencapai 7.000 orang/tahun.

Sebelumnya, Royal College of Midwives dan Royal College of Obstetricians and Gynaecologists mengatakan bahwa metode ini boleh dijadikan pilihan selama kehamilannya normal dan tidak ada komplikasi. Namun agaknya, para dokter kini mulai berhati-hati untuk merekomendasikannya.

Di dalam negeri pun, Perhimpunan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) hingga kini tidak merekomendasikan water birth. Hasil kajian yang dilakukan selama ini menunjukkan, tidak ada cukup bukti yang mendukung klaim tentang manfaat metode ini.

“Mempertimbangkan ‘cost and benefit‘ dari water birth, POGI tidak merekomendasikan cara tersebut. Bukan melarang ya, tetapi memang tidak merekomendasikan,” kata Ketua POGI dr Nurdadi Saleh, SpOG kepada wartawan. (anbf)

 1,348 total views

LEAVE A REPLY