Solusi Hilangkan Bau Kaki Tak Sedap

0
190

kaki

depoktren.com – Sering kali kita memiliki masalah dengan bagian tubuh kita yaitu kaki. Karena kaki adalah bagian yang paling ‘kerja keras’ dan jarang diperhatikan. Sehingga terkadang kita tak sempat memperhatikan dan merawat kaki. Dan muncullah bau yang kurang sedap kala kita tak menjaganya dengan baik.

Bau kaki berasal dari keringat yang tak berbau yang kemudia bercampir dnegan bakteri. Bakteri inilah yang menyebabkan bau tersebut. Bakteri actinomycetes timbul akibat pemakaian sepatu dengan bahan yang menghambat pertukaran udara. Biasanya bahan plastik atau bahan sintetis, karena keduanya tidak dapat menyerap keringat dengan baik, sehingga kaki akan basah dan lembap.

Untuk menghadapi masalah di atas ada beberapa solusinya, yaitu bersihkan seluruh bagian tubuh hingga ke sela-sela jari dengan sabun. Saat anda menggunakan sepatu janganlah terlalu lama menggunakannya sehingga menyebabkan kaki lembab. Setiap beberapa jam hendaknya anda menanggalkan sepatu agar kaki mendapatkan udara yang cukup. Buka sepatu, lalu semprotkan spray khusus kaki atau bedak anti bau khusus kaki. Sebaiknya hal ini juga dilakukan ketika akan menggunakan kaus kaki atau sepatu pertama kali.

Selain solusi menghilangkan bau kaki, berikut ada beberapa tips yang perlu anda perhatikan untuk menghindari bau kaki.

Pertama, gunakan sepatu dari bahan alami dan kulit asli agar kaki dapat bernapas.

Kedua, jangan gunakan kaus kaki terlalu lama melabihi 24 jam. Pilihlah yang berbahan katun atau wol agar keringat terserap dengan baik.

Ketiga, remdam kaki dengan air suam-suam kuku sesampainya di rumah. Tambahkan sedikit garam mandi atau garam untuk merendam kaki. Keringkan dengan lap. (anbf)

 

 516 total views

LEAVE A REPLY