DPRD Pekalongan Lakukan Kunjungan Kerja ke Depok Terkait Penyakit Kaki Gajah

0
150
depok.go.id
depok.go.id
depok.go.id

 depoktren.com – Hari ini, Rabu (26/3) Depok kembali dikunjungi oleh DPRD. Kali  ini DPRD Pekalongan yang melakukan kunjungan kerja ke Depok. Tujuan mereka datang ke depok adalah membahas tentang penyakit kaki gajah.

Pembahasan ini dihadiri oleh Nur Lies, Kepala Dinas Kesehatan dan Ismet Wakil Ketua DPRD Pekalongan. Mereka bertemu di Dinas Kesehatan, Gedung Dibaleka II. Ismet mengatakan bahwa pihaknya mengaku ingin mendalami dan belajar menangani penyakit kaki gajah kepada Pemkot Depok. Menurutnya Pemkot Depok telah sangat baik dalam pencegahan penyakit ini.

“Depok sudah lebih maju melakukan pencegahan dibandingkan dengan wilayah kami. Sehingga kami sangat berharap dapat menerapkan apa yang sudah dilakukan Dinkes Kota Depok dalam mencegahnya,” ujar Ismet.

Ismet juga menjelaskan bahwa instansinya saat ini baru memberikan obat saja belum sampai pendataan apakah masyarakatnya mengkonsumsi atau tidak. Sehingga masyarakat di Pekalongan masih banyak yang menderita penyakit yang biasa disebut filariasis ini.

Sementara itu, Kepala Dinkes Kota Depok Noerzamanti Lies menjelaskan bahwa pihaknya rutin memberikan obat pencegahan dan masyarakat banyak yang mengonsumsi. “Setiap pembagian obat kami lakukan pada hari Sabtu, dan malamnya kami himbau kepada warga untuk meminumnya. Sehingga efek mengantuk pada obat tersebut tidak terlalu dirasakan. Dengan cara seperti itu, warga Depok mau mengonsumsi,” pungkas Lies.

Selain itu, mantan Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Depok menambahkan bahwa pihaknya juga selalu melakukan pengecekan filariasis. Test dilakukan dengan pengambilan darah pada jari. Jika terdapat mikrofilaria pada darah, maka sudah dipastikan mengidap penyakit kaki gajah. Dan dengan sigap Dinkes Depok akan memberikan pengobatan hingga tuntas. (anbf)

 

 896 total views

LEAVE A REPLY