KPU Pusat Gelar Rapat Pleno Finalisasi DPT

0
130
Ketua KPU Husni Kamil Malik (tengah) sedang memberikan keterangan soal finalisasi Daftar Pemilih Tetap (DPT)
Ketua KPU Husni Kamil Malik (tengah) sedang memberikan keterangan soal finalisasi Daftar Pemilih Tetap (DPT)
Ketua KPU Husni Kamil Malik (tengah) sedang memberikan keterangan soal finalisasi Daftar Pemilih Tetap (DPT)

depoktren.com-Pemilu Legislatif tinggal 2 minggu lagi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat menggelar rapat pleno untuk finalisasi Daftar Pemilih Tetap (DPT). KPU Pusat mencatat sebanyak 202.346 pemilih yang tidak memenuhi syarat (TMS) sebagai pemiliih sudah diselesaikan. Mereka tetap dimasukkan dalam daftar pemilih tetap (DPT), namun ditandai tidak bisa ikut serta dalam pemungutan suara pada 9 April 2014 nanti.

Jumlah tersebut diputuskan dalam rapat pleno finalisasi Daftar Pemilih Tetap yang berlangsung di gedung KPU, Jakarta Pusat pada selasa (25/3)

Ketua KPU Husni Kamil Malik mengatakan, data pemilih tetap sebanyak 202.346  yang tidak valid sudah diselesaikan. “Data atau Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang kemarin sempat tidak valid, akhirnya sudah kami selesaikan. Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil, Kementerian Dalam Negeri telah memvalidasi ulang data tersebut. Sehingga semua sudah resmi tercatat sebagai pemilih,” ujar Husni

Wakil Sekjen Partai NasDem Willy Aditya mengatakan, kisruh soal DPT selalu terjadi di setiap pelaksanaan pemilu. “Kasus kisruh DPT ini kalau diumpamakan sama saja seperti Keledai yang jatuh di lubang yang sama, kenapa? Karena kasus ini terjadi dari pemilu ke pemilu,” ujarnya.

Willy menambahkan, jika kasus DPT tidak valid yang kemarin jumlahnya lebih dari 200 ribu tidak terselesaikan, ini akan sangat merugikan parpol. Karena jika diakumulasi itu jumlahnya hampir bisa menjadi 1 kursi legislatif.

“Jika ditemukan dan kemudian menjadi tidak invalid, kita apresisasi kerja KPU dan Mendagri, karena 1 suara warga sangat menentukan masa depan bangsa ini. Lalu ini menjadi awal kita melaksanakan pemilu jurdil,” imbuhnya.

Sementara itu, Fernita Darwis Ketua Bidang Pemenangan Pemilu Partai Persatuan Pembangunan mengatakan, permasalahan DPT tidak bisa diselesaikan 100 persen atau sampai tuntas baik di negara yang demokrasinya berjalan baik seperti Amerika Serikat.

“Saya memberikan apresiasi kepada KPU dan Bawaslu dalam upayanya menyelesaikan permasalahan DPT dengan baik. KPU sudah menemukan langkah untuk penyempurnaan penyelesaian masalah ini,” ujar politikus perempuan PPP. @des/rs

 922 total views

LEAVE A REPLY