KPUD Kota Depok: Ditemukan Ribuan Surat Suara Rusak

0
413

surat suara ruakdepoktren.com-Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Depok menemukan ribuan surat suara rusak yang akan digunakan pada Pemilu Legislatif (Pileg) 2014 pada 9 April mendatang. Pada pelipatan surat suara yang dilakukan, hingga 20 Maret lalu ditemukan 5.215 surat suara rusak.

”Dari total keseluruhan, surat suara DPRD Provinsi yang paling banyak rusak. Data KPUD Kota Depok, surat suara yang rusak itu terdiri dari 1.391 surat suara DPR RI, 1.605 surat suara DPRD Provinsi, 1.393 surat suara DPD dan 826 surat suara DPRD Kabupaten/Kota,” ujar Ketua Divisi Logistik KPUD Kota Depok, Ahmad Arif, Rabu (26/3).

”Surat suara yang rusak tersebut sudah dibuatkan berita acaranya dan sudah diserahkan ke KPU Provinsi Jawa Barat (Jabar) pada 21 Maret lalu. Kami sudah meminta gantinya,” ujar Ahmad.

Dikatakan Ahmad, jumlah surat suara yang dilipat pada prinsipnya disesuaikan dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kota Depok yang mencapai 1.245.321 ditambah dua persen. ”Jika memang kebutuhannya kurang, maka kami akan ajukan kembali ke pusat. Namun jika lebih, tentu itu nantinya akan dimusnahkan,” terangnya.

Dilanjutkan Ahmad, pihaknya telah merampungkan penyortiran dan pelipatan empat jeni surat suara¬† DPRD kota, DPRD Provinsi, DPR RI dan DPD untuk Pileg sejak 20 Maret lalu. ”Kami juga telah menggelar rapat koordinasi bersama kesekretariatan soal pendistribusian surat suara ke 11 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK),” tuturnya.

Ditargetkan KPUD Kota Depok, teeang Ahmad, pendistribusian surat suara ketingkat PPK akan selesai akhir Maret. Selanjutnya, pada tanggal 1 April sampai 5 April, PPK bisa menyalurkan ke tingkat Panitia Pemungutan Suara (PPS) di kelurahan. Lalu, satu hari sebelum pemungutan suara, PPS harus memastikan surat suara sudah sampai di tingkat Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang berjumlah 3.458 TPS di seluruh Kota Depok. @dewi

 1,321 total views

LEAVE A REPLY