Jangan Tunda Pembuatan Akta Kelahiran Anak

0
182

akta anak urusdepoktren.com-Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Pemerintah Kota (Pemkot) Depok meminta masyarakat untuk tidak menunda-nunda pembuatan akta kelahiran. Akta kelahiran itu penting bagi masyarakat guna kejelasan data diri sejak anak lahir.

”Kami menghimbau bagi masyarakat yang belum memiliki akta kelahiran agar secepatnya mendaftarkan diri dalam pembuatan akta kelahiran anaknya,” kata Kadisdukcapil, Mulyamto di Balaikota Depok, Jawa Barat (Jabar), Kamis (27/3).

Menurut Mulyamto, akta kelahiran merupakan hak dasar anak dan tertuang dalam Perda Kota Layak Anak Nomor 15 Tahun 2013. ”Anak berhak memperoleh legalitas diri,” terang Mulyanto yang menambahkan, akta kelahiran akan dibutuhkan dan anak berhak mendapatkan akta kelahiran baik dari pernikahan resmi, pernikahan sirih, hingga anak yang lahir diluar pernikahan tanpa salah satu orang tua.

”Bisa diajukan akta kelahiran anaknya meski dalam akta kelahiran hanya nama ibunya saja,” tegas Mulyanto, yang menerangkan, seorang anak lahir itu tidak bersalah dan berhak mendapat hak untuk memperoleh akta kelahiran dan itu juga sudah diatur dalam Undang-Undang Nomor 24 yang tinggal menunggu keputusan presiden untuk petunjuk pelaksanaannya sehingga bagi anak yang lahir berhak untuk memperoleh akta kelahirannya.

”Bagi anak yang masih berusia 0-60 hari, pembuatan akta kelahiran gratis, namun lebih dari itu akan dikenakan denda Rp 50 ribu yang akan masuk khas daerah. Jadi pembuatan akta kelahiran itu mudah kok tidak dipersulit. Jangan menunda-nunda untuk membuat akta kelahiran karena akan dibutuhkan untuk si anak, semisal untuk masuk sekolah atau untuk keperluan lain,” pungka Mulyamto. @dewi

 449 total views

LEAVE A REPLY