Minim Jumlah Pengawas Sekolah Madrasah

0
330

madrasahdepoktren.com-Sebagian masyarakat masih memandang sebelah mata keberadaan Madrasah dalam dunia pendidikan. Kondisi tersebut, diperparah dengan minimnya jumlah pengawas. jumlah ideal pengawas  Madrasah adalah satu berbanding sepuluh. Keberadan pengawas Madrasah itu untuk meningkatkan kualitasnya.

”Jumlah ideal  pengawas Madrasah adalah satu berbanding sepuluh. Kondisi di lapangan, memang minim pengawas. Padahal, untuk peningkatan kualitas adalah suatu keharusan,” ujar Ujang Supriyatna, Kepala Seksi (Kasie) Pendidikan Madrasah Kementerian Agama Kota Depok,  Jawa Barat (Jabar), Kamis (27/3).

Menurut Ujang, jumlah pengawas Madrasah di Depok ada 11 orang. Sedangkan, jumlah sekolah untuk Madrasah Ibtidaiyah 135, Madrasah Tsanawiyah 69 dan Madrasah Aliyah ada 24. Dengan jumlah tersebut antara pengawas dan Madrasah tidak sebanding atau jauh dari ideal.

”Kami sedang mengajukan pengawas ke Kanwil Kemenag Jabar sebanyak 22 orang. Terlebih lagi, saat ini sedang dilakukan proses perekrutan. Kami cuma bisa mengajukan, yang menentukan Kanwil Jabar. Sementara, dari sisi jumlah juga berdasarkan kuota,” tutur Ujang.

Ujang menambahkan, kondisi tersebut juga terjadi di berbagai daerah. Dikatakannya, salah satu fungsinya adalah memberikan pembinaan dari aspek manajerial, peningkatan SDM secara profesional, serta mengupayakan menjadi sekolah binaan  unggulan.

Ketua (Pokjawas) Madrasah Kemenag Depok, Oman mengaku minimnya personil juga mempengaruhi kinerjanya. Tentu, harus bekerja ekstra. Saat ini terdapat dua orang pengawas di MTs-MA dan sembilan orang untuk RA-MI. Dari hasil pengawasan selama ini, alat peraga di madrasah masih kurang.

Sementara, kompetensi para guru juga masih perlu ditingkatkan. ”Alhamdulillah saat ini mulai banyak orang  melirik ke  Madrasah. Terbukti, selama ini mereka tidak terlibat dalam tawuran. Bahkan, seperti tes urine narkoba juga tak terbukti. Untuk itu, kita berharap agar personil bertambah dan bisa meningkatkan kualitas Madrasah,” harapnya. @tono/des

 669 total views

LEAVE A REPLY