Sehat dengan Tidur yang Cukup Sesuai Kebutuhan Umur Anda

0
726

tidur

depoktren.com – Manusia selalu melakukan aktifitas tanpa henti. Dengan beragam aktifitas tersebut manusia sangat membutuhkan istirahat untuk kesehatan mereka. Namun terkadang manusia itu lupa untuk istirahat.

Tidur adalah salah satu solusi untuk istriahat selain traveling. Tidur merupakan kebutuhan dasar setiap orang. Dengan tidur yang cukup seseorang akan mendapatkan stamina yang prima. Kebutuhan tidur masing-masing orang berbeda satu sama lain terutama jika dikategorikan dalam usianya.

Ada dua pola tidur yaitu monophasic dan polyphasic. Monophasic adalah pola tidur selama beberapa jam dalam waktu tertentu sedangkan polyphasic adalah pola tidur mirip kucing yakni tidur di mana dan kapan saja.

National Sleep Foundation, lembaga nirlaba yang fokus pada kebutuhan tidur, mengeluarkan daftar berapa lama kebutuhan tidur seseorang berdasarkan usia. Kebutuhan tidur yang terpenuhi sesuai saran akan menghasilkan komunitas mayarakat yang lebih baik. Berikut daftarnya:

* Dewasa usia 18 ke atas: 7-9 jam
* Remaja 11-17 tahun: 8,5-9,5 jam
* Anak usia sekolah 5-10 tahun: 10-11 jam
* Anak usia prasekolah 3-5 tahun: 11-13 jam
* Batita 1-3 tahun: 12-14 jam
* Bayi 3-11 bulan: 14-15 jam
* Bayi baru lahir 0-2 bulan: 12-18 jam

Durasi waktu tidur di atas tidak menjadi tolak ukur yang wajib dilakukan oleh seseorang. Kisaran di atas dibuat untuk digunakan sebagai perkiraan dasar (basal sleep needs) sekaligus utang tidur (sleep debt) taip harinya. Kebutuhan dasar tidur merujuk pada kebutuhan dasar untuk istirahat. Angka ini adalah jumlah tidur yang diinginkan tubuh pada setiap malam. Bila kebutuhan tersebut terpenuhi, maka bisa dipastikan orang tersebut beristirahat dengan baik.

Bila kebutuhan tersebut tidak terpenuhi maka segera pertimbangkan utang tidur. Utang tidur adalah jumlah jam tidur yang tidak didapatkan tubuh. Bila seseorang tidak tidur pada malam sebelumnya, bisa dipastikan konsentrasi dan energi akan menurun hingga beberapa hari setelahnya. Utang tidur mungkin saja dibayar pada malam-malam setelahnya. Namun efek akibat kurang tidur tidak bisa diperbaiki. (anbf)

 1,957 total views

LEAVE A REPLY