E-Filling Turut Dukung Program Depok Cybercity

0
242

efilingdepoktren.com-Direktorat Jenderal Pajak KPP Pratama Kota Depok melakukan sosialisasi dan penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan wajib pajak orang pribadi menggunakan e-filing kepada para pegawai Pemerintah Kota (Pemkot) Depok. Aplikasi tersebut baru dirilis pada Tahun 2014 dan ditargetkan akan meluas hingga tingkat Nasional.

”Aplikasi ini memudahkan perorangan untuk melakukan wajib pajak, maka perlu dilakukan sosialisasi. Pemkot Depok merupakan instansi pertama yang kami kunjungi dalam pengenalan e-filling,” ujar Sandra selaku Kepala KPP Pratama Kota Depok saat melakukan sosialisasi di Aula Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPPKA) Pemkot Depok, di Balaikota Depok, Jawa Barat (Jabar) Rabu (26/3).

Jika menggunakan aplikasi ini, lanjut Sandra, masyarakat akan lebih mudah dalam membayar pajak. Terlebih bila memiliki smartphone atau komputer, dapat langsung mengakses e-filling secara langsung. Namun tetap harus memiliki aplikasi ini terlebih dahulu.

Dalam hal ini, Kantor KPP Pratama juga melayani pembayaran pajak meskipun dihari libur. ”Jika tidak ingin menggunakan aplikasi e-filling, kami membuka jasa pembayaran pajak di hari Sabtu. Untuk tanggal 31 Maret yang kebetulan hari libur, kami juga memberikan pelayanan. Selain itu, kantor kami juga menerima jasa pembayaran secara kolektif,” tuturnya.

Wakil Walikota Depok, Idris Abdul Shomad mengungkapkan sosialisasi Direktorat Jenderal Pajak ini sangat penting, mengingat pajak adalah hal penting bagi negara. ”Pajak merupakan salah satu prinsip bagi kita sebagai warga negara. Mudah-mudahan hal ini menjadi perhatian yang besar bagi Pemkot Depok agar aparaturnya dapat menggunakan aplikasi ini dengan baik,” harap Idris.

Idris juga berharap agar proses yang akan dilakukan ini dapat berjalan dengan cepat, mudah, dan tidak menggunakan biaya yang besar. Sehingga dapat meningkatkan rasio kesadaran wajib pajak untuk dapat membayar pajaknya dengan mudah dan tepat waktu, mengingat kesibukan para wajib pajak yang mengalami kesulitan dalam membayar pajak.

”Selain itu, fasilitas e-filling ini merupakan kemajuan teknologi yang bagus dalam mendorong salah satu program unggulan Kota Depok yaitu Depok Cybercity,” pungkas Idris. @dewi/des

 630 total views

LEAVE A REPLY