Program Sertifikat Prona BPN Butuh Dukungan APBD

0
322

sertifikat prona BPNdepoktren.com-Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Depok siap menyerahkan sebanyak 500 sertifikat program nasional (Prona) tahun anggaran 2014. ”Saya harap akhir Oktober seluruh sertifikat selesai dan bisa langsung diserahkan kepada pemiliknya,” ujar Kepala Kantor BPN Depok, Dadang M Fuad di Depok, Jawa Barat (Jabar), Jumat (28/3).

Namun, Dadang berharap ada bantuan dukungan pemerintah daerah soal anggaran dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) untuk dapat memenuhi permintaan lebih banyak lagi sertifikat gratis Prona yang akan dibagikan ke masyarakat tidak mampu. ”Dukungan pemerintah daerah terutama soal anggaran sangat membantu kesuksesan pelaksanaan program Prona,” terangnya.

Hal yang sama juga pernah diungkapkan Kepala Kantor BPN Kabupaten Cirebon, Andi Rapiuddin, bahwa bantuan APBD dapat mensukseskan pelaksanaan pembagian sertifikat Prona.

”Tahun ini kami menargetkan penerbitan 2.500 sertifikat tanah gratis Prona di Kabupaten Cirebon,” kata Andi yang juga mengungkapkan karena keterbatasan anggaran dan sumber daya manusia (SDM) pihaknya tidak dapat memenuhi permintaan banyak warga Kabupaten Cirebon untuk memberikan sertifikat gratis melalui Prona.

Andi juga mengungkapkapkan adanya kekurang pahaman masyarakat terkait biaya pembuatan sertifikat gratis melalui Prona. ”BPN hanya menanggung biaya pendataan, pengukuran dan penerbitan sertifikat. Di luar itu, seperti pembuatan akte jual beli atau akte girik, BPHTB, PPh, dan materai tetap dibebankan pada pemilik lahan yang akan memperoleh sertifikat gatis Prona. BPN hanya menerima kalau berkas sudah lengkap,” jelasnya. @dewi/des

 1,167 total views

LEAVE A REPLY