Wali Kota Depok akan Beri Perhatian Khusus Soal RTH

0
336

Nur Mahmudi Ismaildepoktren.com-Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, akan memberi perhatian khusus dalam upaya mengawasi Pembangunan gedung bertingkat yang secara langsung akan mengurangi Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Kota Depok, Jawa Barat (Jabar).

”Saya menghimbau RTH Depok diperluas,” kata Wali Kota Depok, Nur Mahmudi Ismail di Balaikota Depok, Jabar, Jumat (28/3).

Nur Mahmudi memaparkan, RTH adalah ruang yang terbuka tetapi ditanami oleh tanaman, baik tanaman berupa semak ataupun berupa pepohonan yang tinggi. Manfaat dari tanaman tersebut yaitu bisa menjadi pengatur iklim, menjadi penyumbang oksigen (supplier) bagi bumi dan dapat menyerap polutan yang dikeluarkan kendaraan bermotor. ”RTH harus tertib aturan karena saat ini RTH yang tersisa di Depok hanya lima persen,” terangnya.

Pemkot Depok saat ini bersama pihak-pihak terkait sedang membuka wacana agar membangun arboretum Indonesia. ”Kita sebagai motor penggerak diharapkan untuk menyumbangkan tanaman kepada Pemkot Depok, tanaman dari Sabang sampai Merauke lebih bagus agar bervariasi dan untuk Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait segeralah lakukan komitmen pembebasan lahan,” pinta Nur Mahmudi.

Diharapkan Nur Mahmudi, semua warga Depok ikut berperan dan berpartisipasi dalam menciptakan RTH dimulai dari rumah masing-masing lalu lingkungan sekitar serta ikut menjaga RTH yang sudah ada sehingga nantinya dapat mewujudkan arboretum Indonesia di Kota Depok. @dewi/des

 695 total views

LEAVE A REPLY