Depok Akan Bangun 3 Taman Arboretum

0
368

arboretum

 

depoktren.com – Berharap dapat menjadikan ikon konservasi tanaman, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok akan membuat Taman Arboretum tahun ini di Jatijajar, Bojongsari dan Pengasinan.

“Jika Taman Mini Indonesia Indah merupakan miniatur dari semua budaya nusantara, Taman Arboretum Depok ini nantinya akan menjadi miniatur dari segala jenis tanaman yang ada di Indonesia,” jelas Hardiman selaku Kepala Bidang Pertamanan Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Depok, Jumat (28/3) lalu.

Taman tersebut akan diisi dengan tanaman hias, tanaman umbi-umbian, sayur-sayuran, tanaman obat serta tanaman jenis lainnya yang berasal dari Indonesia.  “Dalam waktu dekat dapat segera dieksekusi. Sementara untuk mini Arboretum akan dibuat juga di tiga lokasi yaitu SMA 10, UPS Permata Ratu Jaya dan dibelakang perumahan Permata, dengan luas rata-rata 300 meter persegi,” katanya.

Pembuatannya sendiri akan melibatkan empat Organsasi Perangkat Daerah (OPD) yaitu Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP), Dinas Pendidikan (Disdik), Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (BMSDA) serta Badan Lingkungan Hidup (BLH).

Selain sebagai ikon dan tujuan pendidikan, pembuatan Taman Arboretum ini juga diharapkan berfungsi dalam siklus hidrologi, siklus biogekimia serta habitat beragam hewan dan tumbuhan. Disamping itu, taman tersebut dinilai sebagai wujud ruang terbuka hijau (RTH) perkotaan yang harus mencapai persentase sebesar 30 persen. (anbf/diskominfo)

 

 707 total views

LEAVE A REPLY